tawuran antar pelajar . . . . buah tiadanya pelajaran budi pekerti di sekolah

pelajar baik

bissmillahirohmanirohim,

 

serasa baru kemarin hari raya Idul fitri dan sekolah belum sebulan memulai kegiatan belajar mengajar ,demikian juga dengan anak salah seorang rekan yang tinggal di kampung makasar jakarta timur memulai hari dengan berangkat sekolah seperti biasa , sarapan nasi uduk kemudian salim kepada kedua orang tuanya itu kegiatan rutin sejak dia masuk SD hingga kelas 1 SMK .

tidak ada firasat apapun ketika pulang sekolah dia pun pulang dengan sepeda motor , celakanya dia melewati kerumunan pelajar yang tawuran , karena merasa tidak pernah musuh dia pun tetap melewati jalan yang sama, salah seorang pelaku melihat dia berseragam SMK ** dan berteriak spontan pengeroyokanpun terjadi, bak dalam film the raid kejadian mengerikan terjadi, sabetan clurit bertubi-tubi menghujani tubuh tak berdosa itu.

melihat korban bersimbah darah para pelaku lari meninggalkan korban yang bermandi darah, penduduk sekitar pun segera menolong dengan melarikan ke rumah sakit namun korban menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit, luka menganga tembus ke paru-paru menjadi penyebab utama terhentinya perjalanan menuntut ilmu untuk masa depan.

terus terang ini bukan kasus pertama pelajar yang tewas tawuran , sebuah ironi kehidupan dimana pelajar yang mestinya belajar yang rajin untuk masa depan yang lebih baik, justru berubah menjadi mesin pembunuh sesamanya .

kalau dalam lingkungan keluarga ane yakin 1000 % semua anak pasti mendapat pendidikan yang baik dari orang tuanya , namun berapa persen waktu interaksi dengan keluarga ? apalagi anak usia SMP dan SMA yang notabene masih berdarah panas , emosi mudah tersulut dan masih labil dalam segala hal, di sinilah semua pihak harus peduli dengan mengarahkan gejolak jiwa muda tersebut dalam hal yang positif.

memang kalau kita perhatikan dalam pelajaran sekolah di negeri tercinta nusantara ini justru pendidikan budi pekerti di hilangkan, dari SD s/d bangku kuliah justru tidak ada pendidikan budi pekerti , budi pekerti yang ane maksud adalah yang universal mau agama apapun suku apapun mestinya mendapat materi budi pekerti . . . .

 

#kalau jaman ane dulu ada pelajaran PMP entah sekarang

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

 

 

Merasakan mudik bareng denok ( mazda vantrend 94 )

bissmillahirohmanirohim,

pertama-tama ane sekeluarga mengucapkan minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir bathin.

 

sedikit berbagi cerita mudik dan balik lebaran tahun ini ( 2014 ) mudik kali ini serasa berbeda buat ane dan keluarga, kalau tahun yang lalu-lalu kalau gak make si gambot ( sendiri / bareng istri ketika belum punya anak  )  ya naik bus / kereta kalau ngajak anak namun untuk tahun ini alhamdulillah bisa mudik bareng anak istri dan adik make si denok ( mazda vantrend ane ) .

mobil bilal

persiapan mudik seperti halnya make motor , cek mesin, radiator , AC dan ganti ban depan karena meski kembangan masih bagus namun dinding ban sudah retak-retak takut meletus di jalan ya ganti aja toh ban gak sekali pake habis pikirku.

sigambot &denok

hari kamis 24 juli 2014 setelah sholat isya di mesjid ane sekeluarga dan adik mulai jalan dari rumah ( tambun ) menuju Blora jawa tengah estimasi jarak kalau lewat pantura ( jalur normal ) sekitar 650 km, gak lupa isi bbm full tank 180.000 sudah penuh  , masuk tol cikampek sudah padat merayap hingga keluar toll , ndilalah keluar toll kami dialihkan ke arah purwakarta – sumedang – majalengka lanjut ke cirebon , alamat panjang nih perjalanan pikirku . . . . dengan sabar kami telusuri jalur alternatif tersebut dan pukul 12  an siang baru masuk cirebon .  . . .

konsol handbrake

keluar cirebon justru malah lancar ( mungkin karena tanggal 24 belum puncak arus mudik ) sekitar pukul 17:00 kami sudah sampe di SPBU MURI karena capek luar biasa kami pun mampir untuk sekedar relaksasi dan cuci muka serta beli cemilan buat dijalan .

sekitar pukul 20:00 an masuk pekalongan tiba-tiba AC mati dan gak lama kemudian hujan turun . . . alamak. . . . bakal ngembun neh kaca depan. . . . bener saja hujan makin gede dan anepun memutuskan untuk minggir nunggu hujan reda sambil makan malam, sekitar satu setengah jam hujan baru berhenti, dan ane putuskan untuk meneruskan perjalanan  sekitar pukul 22: 00 an kami masuk daerah alas roban dan hujan kembali turun , dan kami pun kembali minggir ke SPBU untuk nunggu hujan berhenti.

ef denoklumayan membantu menurunkan suhu mesin

sekitar pukul 24 :00 hujan agak reda dan kami kembali meneruskan perjalanan dengan sedikit membuka kaca untuk mengusir embun, cuaca setelah hujan sedikit membantu menyejukan kabin yang AC nya mati, keluar semarang ane penasaran dengan indikator bensin yang manteng di tengah-tengah , ini error apa gimana kok bensin gak turun-turun jarumnya akhirnya kami pun masuk SPBU untuk ngisi bensin ,coba isi 100.000  setelah selesai isi bensin indikator bensin naik ke Full , irit juga vantrend pikirku  mengingat jarak yang lumayan jauh dari tambun via sumedang sampe luar perbatasan semarang demak diisi 100.000 sudah full lagi tangkinya . . .

IMG-20140729-00191denok pekerja keras

setelah isi bensin perjalanan kami teruskan menyusuri jalanan rusak antara semarang ,demak , purwodadi yang memang terkenal tanahnya labil sehingga meski berulang kali di cor tetep aja patah-patah dan bergelombang jalanya menjelang shubuh kami sudah keluar dari kota purwodadi  karena gak tahan ngantuk ane pun minggir untuk tidur barang sejam / 2 jam .

IMG-20140729-00192

setelah tidur sekitar 2 jam ane pun putuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan, kondisi jalanan purwodadi blora bener-bener makin ancur , kecepatan paling 10 atau 20 kmh atau bahkan merambat karena memang gak memungkinkan untuk di lalui dengan kenceng , memasuki perbatasan Blora – Purwodadi jalanan mulai agak lumayan , bisa lah kecepatan 30 – 40 kmh , kalau dibandingkan memasuki kabupaten Blora jalanannya lebih baik dari purwodadi  , entahlah kebijakan jalan mungkin berbeda antara 2 kabupaten yang bertetangga tersebut.

akhirnya menjelang pukul 10.00 an pagi ane nyampe juga di kampung tempat lahir ane dengan selamat dan kondisi si denok sbb:

1. bbm ngisi 180.000 dan 100.000  dan ketika sampe di kampung tinggal separo tangki ( berdasar indkator )

2. AC mati sejak pekalongan

3. bagasi full muatan sampe per belakang mentok

 

kesan ane mudik perdana bareng denok sbb:

1. bbm termasuk irit

2. tenaga lebih dari cukup

3. bagasi yang luas sangat membantu untuk perjalanan jauh ( di gelari kasur buat tidur anak istri )

4. top speed gak penting buat ane , toh buat apa ngebut-ngebut

 

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

 

konsol box xenia buat vantrend. . . . murmer dan fungsional

bissmillahihirohmanirohim,

 

sabtu kemarin ane sempetin ganti ban depan buat persiapan mudik, muter muter di pusat mobil belakang ramayana bekasi , berhubung bujet terbatas ya akhirnya di pilih lah ban GT radial ukuran 185/60 ring 14 sepasang kena 870.000 gratis balancing , nitrogen dan bongkar pasang mindah ban depan kebelakang .

mobil bilal

sambil nunggu proses bongkar pasang selesai ane coba muter -muter ke toko accesoris  mobil, liat sana-sini pandangan ane pun tertuju pada konsol handbrake xenia / avansa, kayaknya bisa dipasang di vantrend neh. . . .

gak butuh waktu lama ane coba pasang dan plek masuk tanpa perlu rubahan apapun , berikut penampakanya

 

konsol handbrakeharga kisaran 60.000 s/d 100.000

mayan buat naruh-naruh botol minum,hanphone dan recehan buat parkir

 

ya semoga menjelang mudik nanti jembatan comal sudah bisa dilewati . . .

 

semoga berguna,

keep brotherhood,

 

 

salam,

 

 

 

alasan kenapa milih mazda vantrend

bissmillahirohmanirohim,

 

alhamdulillah sudah sebulan ane minang mazda vantrend 1994 , ya meski banyak rekan-rekan yang penasaran kenapa ane milih motuba ( mobil tua bangka ) di banding yang baru yang jelas bebas PR ( lha iya wong mobil baru ) , berikut kelebihan vantrend dari sudut pandang ane yang masih awam permobilan :

mobil bilaltampak depan persis sedan

1. harga murah ( bayangkan dengan harga yang sama dengan cb150/nvl sudah dapet mobil .

2. mesin 1400 cc SOHC, tenaga dan efisiensi bahan bakar seimbang lah dan pas AC nyala mesin gak kedodoran. . . .

3. bagasi luas , bisa bawa barang banyak dan ada opsi jok baris ke dua direbahin kedepan bisa rata dengan dek belakang untuk membawa barang yang ukuranya extra besar dan panjang

4.AC umumnya dingin dan hembusanya kencang pas buat di jalan macet jabotabek

5.mesin type timing chain sehingga bebas was-was timing belt putus

6. harga part relatif murah dan gampang untuk wilayah jabotabek.

7. daya angkut 5 orang dewasa plus 2 atau 3 anak-anak dibawah umur 10 tahun bila darurat bagasi bisa digelarin kasur lantai  buat tidur anak-anak .

8.berpenggerak roda belakang dan suspensi relatif nyaman

kelemahan mazda vantrend menurut ane cuma satu yaitu bentuknya yang kayak ambulan , buat ane gak masalah beda orang beda selera

dari sekian motuba menurut ane vantrend yang punya nilai lebih untuk keluarga muda atau yang pengen bawa barang dagangan untuk usaha sampingan

segitu dulu ya , semoga berguna

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

anda penderita darah tinggi. . . ? mending jangan makan yang ini dulu dah. . .

bissmillahirohmanirohim,

 

hiruk pikuk kampanye capres bikin pening kepala , dalam beberapa kasus di sosial media bahkan banyak yang sampai meremove pertemanan karena sentimen ke salah satu capres, dari pada mbahas yang gak ada gunanya mending kita bahas penanganan penyakit dalam ya mungkin bagi anda yang sehat gak ada gunanya juga tapi bagi anda yang menderita darah tinggi, atau punya saudara/teman yang mengidap penyakit ini  sudah pasti mangpaat . . . ya to ?

darah tinggi di sebabkan rata-rata karena pola makan yang tidak seimbang , kurang makan sayur ,buah-buahan atau diperparah selera makan yang over selalu yang santan/daging atau jeroan , ya memang makanan yang dimasak santan punya rasa gurih yang menggoda selera makan kita, ya tengok aja gule,kare dan sebangsanya .

memang tidak ada larangan tiap hari makan nasi padang ( misalnya ) duit-duit kita , yang makan kita , ngapain juga orang lain diributin,tapi kalau sudah umur 40 an sudah saatnya peduli dengan menu seimbang untuk kesehatan kita , memang usia diatas 40 metabolisme tubuh bisa dikatakan menurun tidak seperti di usia remaja atau menginjak dewasa dimana zat-zat yang ada di makanan “enak ” tersebut bisa dengan mudah di serap dan terbakar oleh aktifitas fisik.

usia 40 an biasanya secara finansial memang sudah mapan dan biasanya aktifitas fisikpun tidak selincah ketika usia -usia sebelumnya . . . nah disitulah sumber malapetaka bagi yang punya hobi kuliner tapi aktifitas fisik kurang , hampir dipastikan gula darah,kolesterol,tekanan darah ,asam urat pada level waspada . . . .

trus gimana kalau sudah kadung kena darah tinggi misalnya , makanan apa yang harus di kurangi / di hindari . . .

1. sate kambing

2. gule kambing

3. makanan yang dimasak santan

4. makanan yang terlalu asin ( kurangi kadar garam di masakan )

lha terus kalau mau menurunkan tekanan darah gimana ? apa ada cara / makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah ? berikut makanan herbalnya :

Belimbing+Wuluh

1. blimbing wuluh ( boleh di sayur / dimakan langsung )

2. minum habatusaudah

3. untuk beberapa hari perbanyak makan sayur asem .

4. banyak minum air putih

 

 

segitu dulu ye, semoga berguna

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

wellcome denok. . . . jangan rewel ya. . .

bissmillahirohmanirohim,

 

minggu ini alhamdulillah ane sekeluarga diberi rezeki sehingga bisa nebus sebuah mazda vantrend produksi 1994 kondisinya masih mayan mulus kalau dilihat umurnya , mesin standar dan masih enak, AC dingin khas vantrend , jok standar overall bagus menurut ane dan masih layak pakai , mungkin karena ex dosen perempuan jadi kondisinya masih sangat terawat dan satu lagi masih power piring alias belum power steering .

mobil bilalpenampakan si denok , body gak ada yang keropos

salah satu alasan terbesar ane minang si denok ( mazda vantrend  ane ) adalah bertambahnya momongan ane yang secara praktis untuk kemana-mana gak bisa lagi make motor disamping juga value si denok sangat bagus, kabin luas, ac dingin , bagasi luas dan harga masih mahalan R15 .

IMG00762-20120101-1727sayang anak lebih baik

ya sebenernya ane tertarik sama vantrend gara-gara kopdar sama juragan warung DOHC yang kebetulan waktu itu bawa jovan , ketika masuk kabin mayan nyaman,AC dingin bagasi luas ( bisa bawa banyak barang dagangan pikirku waktu itu )

 

r15_sunset_red_1mahalan yang ini

last ane berharap denok gak rewel dan mudah dirawat setia nganter tuanya ke mesjid,sekolah, rumah eyang dan belanja dagangan terutama .

semoga berguna,

 

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

street justice . . . . . akumulasi ketidakpercayaan kepada penegak hukum

bissmillahirohmanirohim,

balapan motoGP mugello dimenangi oleh bocah ajaib marq marquest meski perlawanan lorenzo sengit namun jelas terlihat yamaha kalah power di trek lurus . . . .

ada cerita menarik ketika balap semalem , persis ketika kelas motoGP dimulai ada maling motor ketangkep di komplek ane korban pencurian adalah salah satu orang warga desa dibelakang komplek ane , memang akhir – akhir ini maling motor dengan modus hipnotis sedang menggila beberapa hari yang lalu dalam sehari 4 motor warga desa lenyap menjadi korban maling.

mendengar ada maling yang ketangkap praktis banyak warga yang berdatangan pengen ngeliat kayak apa sih muka si maling , karena semakin banyak warga yang ngumpul satpam komplek pun tak kuasa lagi menenangkan warga yang makin beringas menghajar maling . pukulan, tendangan pun tak terhitung teriakan ampun dari si maling pun tak digubris oleh warga yang sudah terlanjur kesal , karena tak tega ngliat ane pun milih pulang nerusin nonton balapan lagi.

ketika balapan GP selesai ane pengen keluar komplek untuk beli jus di dekat indomaret namun alangkah terkejutnya jalan penuh ane gak bisa lewat , terdengar sirine ambulan dan polisi datang ke TKP , ya karena penasaran anepun nanya ke satpam komplek ” malingnya sudah diamanin polisi ya bang? ” kayaknya mati tuh maling pak , warga sudah kadung beringas tuh liat aja tadi di seret dari pos ke dekat danau , memang ane lihat banyak ceceran darah sepanjang jalan dari pos keamanan ke danau .

kenapa gak diserahin kepolisi aja tadi bang ? tanya ane ke satpam ” percuma pak maling kek gini mah gak bakal kapok ” lagian ulah mereka sudah keterlaluan masah kemarin sehari 4 motor hilang . . . . ?

ya sebagai manusia ane sebenernya kasian juga liat pengadilan jalanan kayak gini tapi mau gimana lagi masyarakat sudah gak percaya lagi sama kepolisian , ada pepatah kalau ayam hilang dilaporin ke polisi nanti malah sama kandang-kandangnya ikutan hilang, hukum tak ubahnya seperti pisau dapur,tajam kebawah tumpul keatas .

butuh effort lebih dari pihak kepolisian untuk mengembalikan kepercayaan dari masyarakat

no pict , ane gak tega motonya

 

 

semoga berguna,

 

 

keep brotherhood,

 

salam,