rantai indopart, rekomended banget buat motor

bissmillahirohmanirohim,

barusan mampir dealer bajaj fontana buat nyari gear set buat sigambot p200 ane  yang udah 46.000 km tapi belum lancip juga gearnya tapi dah pernah putus rante di km 42.500 dan diganti rante tiger , mumpung ada dana gak papalah nyetok fast moving part buat spare kalau terjadi apa-apa.

gear set rante tipe 520 = rp. 292.600

kanvas rem belakang   = rp. 20.000

setelah bayar  ane sempet ngobrol sama mar srarif  mekanik kepercayaan ane dan mbahas masalah rante , mas syarif bilang kalau mau murah dan awet pake indopart aja mas , kan lumayan selisih 30 rebuan .

setelah ane ubek-ubek google ternyata  ada test rantai  oleh motor plus, berkut ulasan lengkapnya :

MOTOR Plus membuktikan nggak selamanya harga bicara. Mau bukti? Tengok perbandingan rantai yang diuji di laboratorium Destructive Test (DT), Center For Materials Processing And Failure Analysis, Jurusan Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Dites enam merek rantai. NCN, Speed, Indopart, Aspira, Honda Genuine Part, Yamaha Genuine Part dan Kawasaki Genuine Part. NCN, Speed, dan Indopart dijual di kisaran harga nggak lebih dari Rp 30.000. Rantai yang direkomendasi pabrikan lebih dari Rp 40.000.

Pengujian di DT buat melacak kekuatan rantai yang ditarik. Tentu menggunakan uji tarik. Semakin cepat putus berarti rantai nggak tahan beban. Artinya rantai gampang mulur dan nggak tahan lama.

“Standar internasional pengujian rantai di 2.000 kg. Benda yang dites pasif. Umpama di motor saat tarikan mesin awal,” ungkap Nuddin S. instruktur laboratorium DT.

Nuddin jelasin puncak kekuatan rantai di sekitar 2.000 kg. Secara umum rantai akan putus. Tapi, rantai yang memenuhi syarat putusnya di bagian pelat. “Kalau putus pada sambungan atau pin berarti sistem produksinya nggak bagus,” beber warga Depok ini.

Alat Uji
Dalam menguji tarik kekuatan rantai harus menggunakan alat ukur presisi. Alat yang dipakai Servopulser buatan Shimadzu Jepang. Kapasitas kekuatan sampai dengan 20 ton. Sepuluh kali lipat kekuatan rantai.

Alat ini dapat digunakan untuk menguji empat macam tes. Uji tarik, tekan, relaksasi dan fatique atau kelelahan. Untuk uji rantai cukup tarik. Sesuai fungsi dan waktu yang ada.

Metode Pengetesan
Sampel rantai yang diuji diambil acak dari toko di Kebon Jeruk III, Kota, Jakarta Barat. Juga sebagian didapat dari daerah Depok. Dicari yang benar-benar asli dan tidak palsu. Sehingga didapat hasil valid.

Tiap merek rantai yang diuji tarik, dibagi dua tahap. Pertama, bagian yang utuh tanpa sambungan. Tahap kedua, bagian yang ada sambungan. Posisi sambungan tepat di tengah. Bagian yang ditarik hanya 5 mata.

Pengujian pertama dites yang tanpa sambungan. Dipasang di mesin servopulser. Setelah patah akan didapat angka kekuatannya. Bahkan grafiknya bisa dilihat di hasil printer.

Pengujuan kedua yaitu rantai yang ada sambungan. Posisi sambungan pas di tengah. Kalau lima mata yang ditarik, berarti posisi sambungan di nomor 3.

Uji Statis
Ini hanya uji statis. Artinya kondisi rantai diam. Makanya hanya uji tarik. Tapi cukup mewakili untuk pengujian internasional. Sebab pabrikan rantai pun punya alat macam servopulser.

Memang seharusnya ada satu uji lagi. Namanya uji fatique atau uji kelelahan. Kondisi rantai seperti ditarik terus-menerus pada frekunsi tertentu. Sehingga seperti kerja rantai yang sebenarnya saat dinamis.

Namun uji fatique butuh waktu cukup lama. “Satu kali uji butuh waktu 8 hari,” jelas Nuddin. Bayangkan kalau menguji rantai sebanyak sekarang. Butuh waktu berapa bulan.

Hasil Tes Kekuatas Rantai 428

Tanpa Sambungan
1. NCN       = 1.720 kg putus di pen (gak lulus)
2. FSCM     = 1.860 kg putus di pelat
3. AHM      = 1.900 kg putus di pelat
4. Yamaha  = 1.920 kg putus di pelat
5. Kawasaki = 1.960 kg putus di pelat
6. Aspira     = 1.960 kg putus di pelat
7. Speed     = 2.000 kg putus di pelat
8. Indopart  = 2.090 kg putus di pelat

Ada Sambungan
1. NCN        = 1.760 kg putus di sambungan
2. FSCM      = 1.860 kg putus di pelat
3. Kawasaki = 1.960 kg putus di pelat
4. Aspira     = 1.870 kg putus di pelat bagian sambungan
5. AHM       = 1.900 kg putus di pelat
6. Yamaha   = 1.920 kg putus di pelat
7. Speed     = 1.980 kg putus di pelat
8. Indopart  = 2.040 kg putus di pelat

Kesimpulan:
– Rantai yang putus di pen berarti enggak lulus Rantai yang memenuhi syarat putusnya di pelat
– Rantai paling kuat yaitu buatan Indopart

nb:

gambar nyolong dari warunge mas hadiyanta

semoga berguna ,

 

 

keep brotherhood,

 

salam,

About these ads

53 responses to “rantai indopart, rekomended banget buat motor

  1. besok kalo ganti rante si PIBO pake indopart ah….. ;-)

  2. ditoko2 variasi adakah yg buat Bajaj??..ato ada alternatif gear set lain buat P200?? :mrgreen:

  3. kalo gir nya pake merk apa om?

    • satu set mas , gear depan , gear belakang dan rante tipe 520 .
      kalau mau ngeteng pake merk SSS juga bagus juga meski rada mahal dikit.

      pas tumplek blek otobursa tempo hari di test juga gearnya di getok-getok dan tidak ada bekasnya sama sekali , sedangkan gear ori dari atpm malah mleyat-mleyot gak keruan . cuma rada mahal sih memang. . .

      keep brotherhood,

      salam,

  4. ternyata yamaha lebih unggul.

    • neh dari warung sebelah

      HONDA
      Supra Fit New = 132.000
      Supra Fit / Supra 100 = 135.000
      Karisma / Supra X 125 = 120.000
      Astrea Grand = 125.000
      Tiger = 380.000
      GL pro = 200.000
      Mega Pro = 200.000

      YAMAHA
      Vega R = 130.000
      Vega R New = 130.000
      Jupiter Z = 130.000
      Jupiter ZR = 130.000
      Jupiter MX = 138.000
      Vixion = 195.000
      Scorpio = 250.000

      SUZUKI
      Smash = 125.000
      Shogun 125 = 125.000
      Shogun 110 = 125.000
      Thunder 125 = 200.000
      Satria FU = 200.000

      “SSS” GOLD COLOR (415 HSBT)(HEAVY DUTY):
      110 link (mata) 196.000
      120 link 210.000
      130 link 220.000

      “SSS” GOLD COLOR (428 SB):
      110 link 130.000
      130 link 150.000
      140 link 170.000

      “SSS” GOLD COLOR (428 HSBT)(HEAVY DUTY):
      120 link 170.000
      130 link 180.000
      140 link 195.000

      “SSS” STANDART COLOR (428):
      100 link 68.500
      110 link 74.500

      GR428KRO (gold) MERK “RK”::
      128 link 460.000

      GRO520KRO (gold) MERK “RK”::
      124 link 550.000

      link lengkapnya http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4751158

      keep brotherhood,

      salam,

  5. Sekedar urun rembug aja..
    Indopart memang bagus untuk rantai.. tapi gearnya agak kurang bagus..
    pernah nyoba

  6. wah boleh nih, nais inpone… siplah. Salam

  7. kalo p180 yang berapa mata om? kisaran harganya berapa ya? sama komstir p180 bisa pake punya motor apa buat substitusi?

  8. sabdho guparman

    kalau p180 yang ug4 sama persis ama almarhum pulsar 200 mas , komstir juga sama plek pulsar 200 rante 104 mata tipe 520

    keep brotherhood,

    salam,

  9. wah asik dong ada part murah tapi berkualitas.. :D

  10. mulai jaman pake jupie MX sampai Bladeus, daku pakai indoparts terus, karena dah terbukti awet :mrgreen:

    *bukan corong looohhhh :P

  11. Aku pake Indoparts kemarin…rantainya memang kuat, okelah kalau rantai..
    tapi………………….Gear belakangnya cepat habis, jadi hanya bertahan di masa pemakaian 6-7 bulan sajah, gear belakang sudah runcing…

    sekedarr share saja yah…hehehehehe

  12. klo rantai SGP kira2 udah dites belum om? :mrgreen:

  13. wah masukan baru tuh…ixixixixixixi

  14. rante sss, dulu beli buat p200 kena 210.000 di jogja . . . .yang 428 HD gold, emang kuat nih rante….sering pake high speed, top speed…. tetep oke… gak ada fitur krecek..krecek nya ^^

  15. berita ini di sponsori oleh indopart

  16. ok jg di pke buat muatan kopi jawa
    di gunung

  17. lagi bingung milih indopart atau guine part,,

  18. udah dua kali ganti rante, dua2nya indoparts
    kalo uji kekuatan memang kayaknya menang indoparts, tapi kalo uji fatigue kayaknya menang yang ori, (by pengalaman saja)
    kalo harga ya jelas menang indoparts. vote indoparts dah..

  19. LAILLAHAILALLOH MUHAMMADAROSULULLOH

  20. syukurlah , lbh baik beli yg ori saja, lagian mo negetest kq gak komplit , harusnya pk uji kelelahan rantai juga, biar rata hasilnya ….

  21. gak ada gambar = fake

  22. kalo indopart bagus di rantai…. yg bagus gear nya apa ya mas bro…..

  23. klo rante indopart, bwt ymh vega zr tp gear blakang ori, gmana ,apa cocok masbrow. Piss

  24. kalo rantai dan gear indopart yang compitable untuk P135 apa ya?

  25. makasi, bisa dicoba, ane km 45000 blum gnti rantai sma sekali

  26. waaaaw infonya bagus, ada uji tarik di lab metalurgi lagi.
    hihihihi

    Pendapat saya, saya setuju sama beberapa koment dibawah, infonya cuma uji tarik statis, ga ada tes fatigue nya.
    Padahal penting lho tes fatigue, secara kita kan naik motor ga statis, kecepatannya berubah-ubah, jalanannya juga ga rata.

    Terima kasih infonya, menjadi teguran untuk saya biar lebih rajin main ke lab. (secara anak teknik mesin, hehehehe)

    Saran saya sih, pake aja sesuai merk motor anda karena lebih terjamin dan pasti lebih sesuai dengan kriteria motor anda. Klo pun pakai merk lain, pengalman menentukan kualitas, cari referensi dari pengalaman orang lain hahahaha

    salam brotherhood

  27. Ping-balik: Spareparts Motor INDOPARTS dan Ban Motor INDOTIRE | tokoindoparts

  28. gan..ada jual sertifikat nya juga gak? mohon infonya,
    saya lagi cari srtifikat/spek sproket indopart.

  29. ...bocah nggelang

    Aku abis beli rantai doang merk SGP buat satria 120 FD, harga 65 rb.

  30. Kebetulan aja. DID & AHM gak mungkin kalah ma indopart. Lawong secara kasat mata aja jelas beda ketebalan.

  31. Motor saya Yamah Scorpio tahun 2006, sekitar bulan april 2010 rantai dan gearset ane ganti pake indopart, info dari si Mekanik bengkel katanya cukup untuk bertahan 1-2 tahunlah… tapi ternyata udah 3x lebaran sampai 2013 ini rantai baru mulai kerasa kendor alias udah waktunya ganti. So recomendedlah untuk indoparts ini

  32. Klo pake sinnob kira” bagus gk om,??

  33. indopart dipakai 10km pp.kecepatan penuh versi grand di pakai selama 6thn masih oke.

  34. motor saya yamaha zupiter z saya sudah pernah pakai rantai indopart dari tahun 2006 bulan november sampai sekarang sudah tahun 2013 bulan 12 belum saya ganti, gear nya sudah aus saya mau ganti lagi pakai indopart tapi kata orang bengkel nya indopart sekarang jelek gak kaya indopart dulu gituuuh,,, jadi gimana niih? bingung saya jadi nya niih….

  35. lumayan dapat info bermanfaat lagi… buat bahan referensi pribadi :D

  36. di motorku indopart cuman bertahan setahun tok :lol:

  37. dah pernah coba fukumeru? dijamin 30000 km gan..silaken dicoba :D search aja di google…dijamin murah dan puassss

  38. rantai tipe 428 sama 428H apa bedanya mas,,?

  39. indopart gear blakang paleng kecilnya ukuran berapa selain 39

  40. kalau untuk kualitasnya sendiri bagaimana yaa ??

  41. gir biar awet.di bakar dulu sampe merah..trus rendem oli sampe dingin…di jamin gir nya awet muda..walaupun gir murmer..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s