jangan malu makan ceker ayam

bissmillahirohmanirohim,

bosen pada ribut blogger ternak  . . . mending mbahas kesehatan aja yang jelas diperlukan oleh semua orang .

tahu ceker ayam, bagian kaki ayam yang dianggap murahan ini ternyata punya khasiat yang tidak bisa dianggap remeh ( ceker ayam kampung/ayam potong semua sama ) kalau tahu khasiat mudah-mudahan kita gak gengsi memakannya toh ini halal . . .

Osteoporosis atau keropos tulang adalah penyakit tulang rapuh, mudah retak dan patah. Keropostulang bias any tidak menimbulkan gejala, prosesnya berlangsung tanpa disadari. Biasanya baru disadari saat terjadi tulang patah akibat jatuh, tarikat yang kuat,atau timbulnya rasa sakit yang hebat karena tulang retak atau pataj. Tulang yang paling sering/rentan patah adalah pergelangan tangan, tulang belakang dan tulang pinggang.
Kendati osteoporosis itu degeratif dan normalnya barumuncul setelah orang berusia diatas 45 tahun, tetapi penyakit ini bisa menyerang kaum muda yang gaya hidupnya cenderung tak sehat, seperti kebiasaan merokok, mals berolah raga, minum kopi dalam dosis berlebihan dan juga mengkonsumsi minuman keras.
Selama ini banyak orang mengetahui Kalsium adalah obat dari penyakit satu ini. Padahal kalsium hanya memperkuat tulang bagian luar saja, sedangkan yang penting kita nutrisi adalah tulang bagian dalam. Dimana tulang bagian dalam akan menghasilkan zat yang bernama Zat Hydroxyapatite yang nantinya akanmemperkuat tulang bagian luar. Adapun zat ini berkomponen sama dengan tulang dan lapisan keras mamalia.
Hydroxyapatite adalah makanan untuk tulang yang berasal dari tulang binatang. Secara logika, memang makanan yang tepat utnuk tulang adalah tulang. Nah, salah satu makanan yang banyak mengandung zat ini adalah kaki ayam atau ceker.
Tanpa disadari ceker ayam banyak mengandung protein yang terdapat pada kulit, otot, tulang dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening berwarna kekuning-kuningan. Dan jika terkena panas, kolagen akan mencairjadi agak kental seperti lem. Susunan utama pada ceker ayam adalh asam amino, yaitu komponen dasar protein. Dalam asam amino sendiri terdaat glisin-prolin, hidroksiprolin-agrinis-glisin. Ceker ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral.
Kalsium memang mempunyai andil besar membangun dan mempertahankan kekuatan tulang,termasuk membantu mengatur detak jantung, pertumbuhan otot, dan mencegah pengumpatan darah. Selain itu, tubuh juga akan mencari cadangan kalsium yang dibutuhkan tulang. Hal inilah yang menyebabkan tulang kehilangan kepadatan dan kekuatannya, sehingga mudah retak bahkan patah.
Lalu bagaimana ceker ayam bisa berpengaruh pada penyakit osteoporosis? Dalam tubuh kita terdapat dua macam antigen (antigen asing dan antigen diri). Tiap antigen bersifat antigenic dan immunogenic. Antigen antigenic dapat berikatan antibody, meski tidak secara langsung merangsang tubuh membentuk antibody terhadap antigen. Sementara antigen immunogenic mampu menghasilkan antibody spesifik terhadap antigen.

Bahkan di detik.com http://surabaya.detik.com/read/2011/03/23/100120/1599250/594/ceker-ayam-khasiatnya-mirip-dengan-sirip-ikan-hiu

 

Khasiat ceker ayam disetarakan dengan sirip ikan hiu ( gak semua orang kuwat beli neh. . .) disinilah letak keadilan Allah

Antigen terhadap antigen immunogenic inilah yang oerlu dirangsang untuk mencagah keroposnya tulang. Dan antigen immunogenic dapat ditemukan dalam kolagen yang terdapat pada ceker ayam. Jadi tunggu apa lagi….mari kita santap ceker ayam. Yuuuukk….

sumber : detik.com + googling

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

14 responses to “jangan malu makan ceker ayam

  1. Ternyata hobiku makan mie ayam ceker ada faedahnya…

    Impo bagus kang

  2. sabdho guparman

    @99 bro
    yoi mas bro, aku juga suka ceker ayam , enak murah kaya manfaat

    tq dah mampir

    keep brotherhood,

    salam,

  3. wah nembe percoyo, soale sing nulis jragan herbal, mulai ngesuk pados ceker mawon, murah meriah dan bermanpangat🙂 Salam

  4. sabdho guparman

    @mas tri
    yoi mas, murmer sirip ikan hiu. . .

    keep brotherhood,

    salam,

  5. ceker angel mangane om..kalau kolagen pada kikil sapi apakah punya manfaat yang sama?

  6. nis ingpo pak tabib, iku kesukaanku di agkringan 😀

  7. sabdho guparman

    @ken arok
    secara teksture dan anatomi kikil punya kemiripan dengan ceker hanya saja aku belum nemu hasil penelitiannya.
    mending ceker aja yang udah jelas khasiatnya dan murah harganya . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  8. bukannya gengsi..tapi emang dari kecil ngk doyan:mrgreen:

  9. @mas lingga
    kalau nggak doyan ya gak dipaksa , wong ora doyan kok. . .
    just share aja bahwa barang yang kita anggap sepele dan murahan itu juga punya khasiat yang nggak main-main

    keep brotherhood,

    salam,

  10. Hm….spt teri murah…tp berprotein tinggi
    muantaab Bro……..
    salam Jempol !!

  11. Kenapa yah kaum hawa kebanyakan doyan ceker ???

  12. Wee… ceker… ceker… ceker… ternyata hebat juga yo…. yuk kita makan ceker rame2..biar tetap sehat dan kuat….

  13. wiih….wiih…wiihh….ternyata ibuku gak pernah salah kalo sering kasih anak2nya termasuk aku makan ceker mulu..ikhlas loh bu…nyatanya aku sehat2 dan kuat berkat ceker ayam buuuu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s