hayate vs xeon vs vario cbs monggo. . .

bissmillahirohmanirohim,

artikel ini copy mentah-mentah dari motorplus , harap maklum:mrgreen:

Suzuki Hayate 125 yang merupakan generasi penerus Suzuki Skywave 125 sudah resmi dijual di Indonesia. Mengusung mesin 125cc dan dilepas dengan harganya Rp 14,3 juta (on the road Jakarta), skubek yang menggunakan model Irfan Bacdhim ini setara disandingkan dengan Vario CBS Techno dan Xeon 125.

Ketiganya diposisikan sebagai skubek yang satu level, sama-sama masuk golongan skubek Hi-End. Harganya pun tak jauh berbeda, Vario CBS Techno dan Xeon dilepas Rp 15,8 jutaan. Begitu juga dengan fitur dan teknologinya. Yuks kita bandingkan!

Fitur Kenyamanan dan Akomodasi

Secara desain, ketiganya menonjolkan kesan futuristik tapi didesain tanpa melupakan kebutuhan dan kenyamanan sang pengendara. Ketiganya menawarkan jok tebal yang akan membuat nyaman berlama-lama berkendara.
bagasi hayate                                    bagasi xeon                                 bagasi vario cbs
Pijakan kaki yang luas dimiliki Xeon dan Vario CBS Techno, tapi pada Hayate masih terhalang sasis di tengah. Meski begitu, berdasarkan pengalaman berkendara bersama Hayate 125, ruang kaki yang tersedia masih cukup nyaman.

Lingkar roda 16 inci dan dual suspension di belakang membuat Hayate diklaim lebih unggul soal kenyamanan. Lingkar roda dengan diameter besar dipercaya mampu meredam guncangan lebih baik ketimbang roda 14 inci.

 

 

Tapi secara dimensi, Xeon paling imut dan dipastikan lebih lincah meliuk di kemacetan. Vario CBS Techno ada ditengah-tengah dan Hayate paling gambot. Meski Suzuki mendesain setang yang tak terlalu lebar agar handling lebih lincah, tapi wheel base yang mencapai 1.285 mm dan buntutnya yang panjang tetap terasa.

Sedang urusan akomodasi, ketiga skubek ini sudah menyediakan konsol boks di bawah setang.  Lalu boks bagasi di bawah jok pun disiapkan dengan dimensi cukup besar.

Hayate harus diakui punya ruang penyimpanan di bawah jok paling luas, helm full face bisa masuk! Sedang Xeon hanya cukup untuk menyimpan helm half face. Sedang Vario paling sempit, hanya muat dua set jas hujan dan beberapa kunci perlengkapan.

Fitur Safety

Bicara fitur safety, kemajuan pada Hayate 125 ada pada standar samping yang terkoneksi dengan engine stop layaknya Honda Vario CBS Techno. Mesin ogah nyala bila standar samping masih terbuka. Sebagai catatan, Xeon tidak punya perangkat ini.

Selain itu, Hayate juga telah di lengkapi dengan AHO (Automatic Headlamp On). Hayate jadi skubek pertama yang lampunya langsung menyala sejak mesin dihidupkan.
dashboard hayate                xeon                                        vario techno cbs
Untuk perangkat safety lainnya, Vario CBS Techno tetap unggul. Skubek honda ini dilengkapi dengan combi brake system yang secara otomatis akan memberikan bantuan rem depan saat rem belakang difungsikan. Vario CBS Techno juga satu-satu dari ketiga skubek ini yang punya fitur rem parkir.

Perangkat safety yang ada di semua skubek ini adalah kunci setang berpengaman magnet, Suzuki menyebutnya Integrated magnetic key shutter. Selain itu, dual head lamp juga menjadi andalan tiga skubek ini.

 

Fitur dan Teknologi Mesin

Secara spesifikasi mesin, Xeon dipastikan paling juara. Mesinnya 125cc satu silinder, SOHC dengan 2 klep yang setara Hayate, tapi sudah dilengkapi dengan water cooler. Sedang Vario CBS Techno hanya 110cc meski sudah dilengkapi dengan water cooler.

Kapasitas mesin besar tentunya membutuhkan suplai bahan bakar lebih besar, makanya Hayate dan Xeon pakai karburator berventuri 26 mm, sedang Vario CBS Techno hanya 22 mm.

Tapi karbu Xeon lebih canggih karena sudah dilengkapi dengan TPS (Throttle Position Sensor) yang memberikan input pengapian sesuai bukaan selongsong gas. Hasilnya pembakaran diklaim lebih sempurna.

Xeon juga sudah mengadopsi DiASil Cylinder setara dengan Hayate yang pakai SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material. Keuntungan material ini membuat blok silinder lebih kuat dan antigores. Selain itu mampu mengurangi panas berlebih.

Sedang untuk power yang dihasilkan, Hayate dan Xeon setara dengan power 9,6 Ps, sedang Vario CBS Techno hanya 8,99 Ps, meski paling kecil Vario diyakini punya konsumsi BBM lebih hemat ketimbang kedua rivalnya ini

perbandingan tehnis

Suzuki Hayate 125 Yamaha Xeon Honda Vario CBS Techno
Harga OTR Jakarta (Rp,Juta) 14,3 15,9 15,9
Pilihan warna 4 5 5
Garansi mesin (tahun) 3 3 3
Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) 1.925 x 670 x 1.070 1.850 x 685 x 1.060 1.904 x 680 x 1.090
Jarak sumbu roda (mm) 1.285 1.260 1.273
Jarak terendah ke tanah (mm) 140 125 133
Berat kosong (kg) 113 103 101
Kapasitas tangki BBM (Liter) 4,7 4,1 3,6
Kapasitas oli mesin (Liter) 1 0,8 0,7
Rangka
Suspensi depan Teleskopik Teleskopik Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun, sokbreker ganda Lengan ayun, sokbreker tunggal Lengan ayun, sokbreker tunggal
Rem depan Cakram hidrolis Cakram hidrolis Cakram hidrolis
Rem belakang Tromol Tromol Tromol
Pelek depan Casting 16 inci Casting 14 inci Casting 14 inci
Pelek belakang Casting 16 inci Casting 14 inci Casting 14 inci
Ukuran ban depan 70/90 – 16m / C36P 70/90 – 14m / C34P 80/90 – 14m / C40P
Ukuran ban belakang 80/90-16m / C43P 90/80-14m / C49P 90/90-14m / C46P
Mesin
Tipe SOHC 4-tak SOHC 4-tak SOHC 4-tak
Sistem pendingin Udara Liquid (radiator) Liquid (radiator)
Diameter x langkah (mm) 53,5 x 55,2 52,4 x 57,9 50 x 55
Kapasitas silinder (cc) 124 124 108
Perbandingan kompresi 9,6 : 1 10,9 : 1 10,7 : 1
Daya maksimum (ps/rpm) 9,6 / 8.000 9,6 / 8.000 8,99 / 8.000
Torsi maksimum (Nm/rpm) 9,8 / 6.500 10,10 / 7.000 8,33 / 6.500
Karburator Mikuni BS26 Mikuni BS26 Keihin VK22
Busi NGK CR6HSA / ND U20FS-U NGK CR7E NGK CR7EH-9 / ND U22FER9
Kopling Kering, Sentrifugal AT Kering, Sentrifugal AT Kering, Sentrifugal AT
Sistem penggerak V-Belt Otomatis (CVT) V-Belt Otomatis (CVT) V-Belt Otomatis (CVT)
Sistem pengapian DC-CDI DC-CDI DC-CDI
Sistem starter Elektrik & Engkol Elektrik & Engkol Elektrik & Engkol
Sistem tambahan CBS (Combi Brake Sistem)

 


25 responses to “hayate vs xeon vs vario cbs monggo. . .

  1. premium. . .
    kalau aku kok milih hayate yo mas. . .

    keep brotherhood,

    salam,

  2. Tetep cbs tunganganku…

    Ati ati kalbu xeon kotor langsung mati gak mo hidup lagi..

  3. hayate…. fungsional dapet (bagasi 17L muat belanjaan banyak), power lumayan, harga rasional

  4. dulu sempet ngincer skywave ( ketularan pak dhe maskur ) untung belum ngridit . . .:mrgreen:
    tapi setelah hayate muncul kayaknya kerenan hayate

    @99bro
    sing bener . . . ? mosok mergo kotor ae gak mau idup?
    padahal mio bandel lho . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  5. Pilih hayate aja harga murah bagasi geude bisa muat barang2 banyak shok 2 ban 16inci deh…!

  6. hehehehehehe. . . . padahal aku gak masang jaring ki. . .

    keep brotherhood,

    salam,

  7. vario sutekno aja dah..irit dan cucok dikantong:mrgreen:

  8. *** kalau gua pilih HAYATE aja, dgn alasan ;
    _bodynya paling gede sesuai dgn postur badan gua
    _velk 16″ enak untuk melibas jalanan yg agak rusak
    _bagasi gede muat helm full face
    _jarak sumbu paling panjang lebih nyaman u’ melibas jalan yg bergelombang
    _super cvt membuat motor makin halus
    _punya rangka bangun (tulang tenah) lebih kokoh & menambah stabil dikala motor dipacu kencang _harga lebih masuk akal.

    g

  9. @mas Damar

    yoi mas, monggo . . .

    aku juga pilih hayate, meski belum ngridit:mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

  10. Sy lebih tertarik dgn xeon krn lbih macho,wrna brunya merah putih jga ok
    keep brotherhood!

  11. Hayte paling OK>>>

  12. Yang hampir sempurna XEON…yang lain smakin PASRAH…kwkwkwkwk

  13. gw paling suka sama hayate..
    lampu ok, multi fungsi, sangat terang, juga baik buat kesehatan…
    mau coba???? datang ke kamandaka
    wkwkwkwkwkwkwk

  14. pertamax mahal, jadi yang bener2 irit konsumsi bbmnya ya hayate(premium aja cukup).
    Harga irit bbm irit..

  15. pilih vario cbs 125 … rem aman, tenaga 125 cc, pendinginan ok, irit BBM dan tidak perlu nyicil… karena lagi berharap… Moga jadi inspirasi bagi orang2 pinter di Honda

  16. Kalau saya pilih VARIO CBS 125
    – tenaga besar mesin 125 cc
    – pendinginan merata
    – iriit BBM
    – produk baru tidak face lift

  17. wah yang nulis kok yamaha sentris, dibayar berapa cing??

  18. enak hayate ada kredit tanpa bunga dari kantor

  19. ntu yg nulis vareo sutrisno 125 cc apa ga baca diatas ???? TT

  20. 46465456465w34y57y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s