tvs tormax hasil riset yang tidak peka harga bbm

bissmillahiromanirohim,

membaca ulasan di dapur pacu dan beberapa bloger senior yang menyatakan bahwa tvs tormax sang bebek super yang siap menjadi pesaing bebek premium .

coba kita cermati lagi ulasan dapur pacu berikut:

JAKARTA (DP) — TVS Tormax 150 mulai menghentak pasar sepeda motor di tanah air sejak medio Mei 2011. Kuda besi racikan pabrikan asal India ini memberi kejutan dengan banderol yang kompetitif Rp 14,9 juta.

“Kami ingin masuk ke segmen sepeda motor bebek premium dengan tawaran fitur-fitur dan teknologi menarik,” terang Darmady Tjuatja, Chief Operating Officer  PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI).

Tak salah bila TVMCI tampak sangat optimis dengan bebek super ini bakal mampu diterima masyarakat Indonesia dengan tawaran desain menarik dan jubelan fitur modern.

Pabrikan berlogo ‘kuda’ ini mengusung desain racing look dengan bodi aerodinamis dan futuristik. Tormax diproduksi di pabrik TVS di Karawang.

Berbekal jantung mekanis yang disebut oleh TVS sebagai Turbotune Technology. Fitur ini diklaim hanya diaplikasi Tormax berupa kombinasi 3-valve (3-klep), terdapat 2 intake dan 1 outtake mesin untuk menghasilkan tenaga superior dengan penggunaan torsi maksimum pada putaran rendah dan penggunaan bahan bakar optimal.

Ditopang mesin SOHC berkapasitas 148,7 cc mampu menghasilkan tenaga 13,2 hp pada 8.000 rpm dan torsi maksimumnya tembus 12,5 Nm pada 5.500 rpm. Dapur pacu ini dipadu dengan transmisi 5-speed.

Fitur menarik lainnya adalah  Dual Tune Muffler yangh berfungsi memberi pilihan suara racing atau standar. Pengendara dapat memilihnya via satu switch di handle bar untuk mengubah suara knalpot. TVS mengklaim dengan mode racing, tenaganya bertambah 15% dari mode standar.

Paling menarik adalah fitur pada speedometer full digital mulai dari rpm model garis-garis yang bergerak dari kiri ke kanan (0-12.000 rpm), odometer dual trip meter, indikator gear dan kecepatan.

Selain itu juga dilengkapi dengan racing mode untuk mencatat kecepatan maksimum serta waktu akselerasi 0-60 kpj. Terdapat pula lampu pengingat untuk penggunaan helm pengendara (helmet reminder), servis dan battery reminder. Semuanya belum pernah ada di semua sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia.

Untuk menghentikan laju Tormax 150, diaplikasikan rem cakram di depan dan belakang. Khusus untuk depan menggunakan cakram berdimensi 290 mm sehingga lebih presisi. TVS menjamin Anda bisa membawanya lari hingga 131 kpj.

Pada suspensi belakang menggunakan monoshock model horisontal dengan gas canister yang berfungsi untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan.
Sebelum meluncurkan ke publik melalui media, TVS lebih dulu melakukan tes ketahanan selama 70 jam di sirkuit Sentul pada 4-7  Mei lalu. “Tes ini sekaligus membuktikan ketahanan produk dan teknologi kami. Catatan ketahanan ini sekaligus menciptakan rekor MURI,” jelas BLP Simha, Presiden Direktur TMCI. Total jarak tes – mesin dihidupkan nonstop – mencapai 5.800 km atau 1.463 lap.

Spesifikasi TVS Tormax 150

Panjang 1955 mm
Lebar 730 mm
Tinggi 1070 mm
Wheel Base 1250 mm
Berat Kosong 112 kg
Tinggi Saddle 772 mm
Mesin SOHC, 4-Stroke, 3-Valve
Jumlah Cylinder Satu
Kapasitas Mesin 148,7 cc
Rasio Kompresi 11.3:1
Tenaga 9,7 KW (13,2 hp) @ 8.000 rpm
Torsi 12,5 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi 5-speed
Rem Depan Cakram 290 mm
Rem Belakang Cakram 185 mm
Suspensi Depan Telescopic
Suspensi Belakang Monoshock  canister
Ban Depan 70/90-17
Ban Belakang 80/90-17
Kapasitas Tangki BBM 4,1 liter
Kapasitas Bagasi 5 liter
Ignition System DC TCI
Electricity System 12V, AC, Magneto
Headlamp Halogen 30/30 W
Battery 12V / 5 Ah

Bagi konsumen, untuk membuktikan ketahanan dan kehebatan ketahanan Tormax, TVS memberikan garansi 3-tahun

coba rekan-rekan perhatikan rasio kompresi yang di cetak tebal, secara awam kalau melihat kompresinya sudah pasti gak rekomen kalau di beri minum premium , sementara kalau kita lihat produk-produk lain sangatlah jarang yang mematok rasio kompresi yang tinggi mengingat pangsa pasar terbesar sepeda motor adalah menengah ke bawah dan memang ada juga beberapa biker yang sengaja memilih motor sebagai gaya hidup bukan karena kebutuhan,kalau untuk performa dan fitur jujur harus diakui tvs tormax top banget

pertamax  sekarang harganya dua kali lipat harga premium

cuma opini pribadi mengingat jargon tvs adalah ” anda inspirasinya ”

semoga bermanfaat ,

keep brotherhood,

salam,

Iklan

13 responses to “tvs tormax hasil riset yang tidak peka harga bbm

  1. udah peke radiator om… Kalo ini juga pake carbulator tipe vakum gak masalah pake premium (kalo terpaksa)…. Saingannya mx rasio C 1:10,9

    • sabdho guparman

      pulsar yang kompresinya 9,5:1 juga pake vakum mas bro meski masih enak tapi power mesin rasanya ngeden beda kalau di minumin pertamax/shell pasti akan keluar karakter aslinya .
      cs 1 , mx dan satria kalau ngeliat kompresinya juga mestinya minimal pertamax

      keep brotherhood,

      salam,

  2. udah 150 cc, kompresi tinggi… tapi power max-nya koq dibawah pulsar135 ???…..

    • sabdho guparman

      memang torsi puncak yang didapet di putaran 5500 rpm , kalau melihat kompresinya mestinya minimal 15 hp ya mas. ..

      terima kasih atas kunjungannya

      keep brotherhood,

      salam,

  3. hmmmmm aku yo kaget mas RC ne kok 11,3:1 😯 welegh2 :S

    • sabdho guparman

      itu hasil ngutip dari spek resmi dari dapur pacu mas azis, faktanya aku belum tahu . . .

      keep brotherhood,

      salam,

  4. kayaknya sih ga ada yg salah bro,kan tvs tormax di bikin buat ngadepin FU,cS1 yg emg minumnya pertamax.pendapat pribadi ane loh

    • sabdho guparman

      kalau lawan cs1 diatas kertas menang tormax, kalau satria fu kayaknya masih berat.

      keep brotherhood,

      salam,

  5. Berarti nggak pas d0nk kalo menyandang predikat sebagai bebek premium :mrgreen:
    Tapi beneran nggak tuh compression ratio diatas 11.3:1?(kurang yakin kalo blm ngitung ndiri :D).
    Truz tormax bore x stroke_nya berapa?

    • sabdho guparman

      bore x stroke nya ane belum dapet neh. . . mesti diinget juga konsumen terbesar montor bebek adalah menengah kebawah , jadi kalau pabrikan menciptakan mesin dengan kompresi segitu ( liat spek diatas ) rasanya salah alamat , kompresi segitu mestinya spek racing bukan komuter , coba tengoklah produk komuter dari atpm sebelah kompresi maksimal paling di angka 10, : 1 , karena semua tahu lah kualitas bbm di sini seperti apa .

      masukana aja buat tvs ,
      kenapa nggak nyontek mesin apache rtr 160 aja yang terbukti jos , toh punya sendiri dan gak melanggar hak cipta , ya to. . .

      keep brotherhood,

      salam,

  6. weeeeee…..bloger neh mas sabdo…….
    keep brotherhood yah!!!! semanagat!!!

    • sabdho guparman

      hehehehehe. . . cuma iseng aja mas, belum serius nulis , yang sekiranya manfaat aja aku tulis .

      matur nuwun kunjungane yo mas . ..

      keep brotherhood,

      salam,

  7. ada kemungkinan tormax memiliki kualitas bahan yang top! ya kan indihe terkenal dengan kekuatan bajanya! dan dengan komposisi mesin tiduran maka dalam menciptakan tenaga yang besar maka salah satu kompensasi nya adalah kompresi yang tinggi!! 😀

    https://agungsevi.wordpress.com/2011/05/19/yamaha-tidak-lelah-untuk-berjuang-kenapa/

    https://agungsevi.wordpress.com/2011/05/19/moto-gp-perangkat-keamanan-yang-mulai-dipakai-secara-umum/

    https://agungsevi.wordpress.com/2011/05/15/rahasia-muasal-kekayaan-honda-sehingga-honda-repsol-terus-bernafas/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s