perbandingan matik silahken dipilih sesuai selera

bissmillahirohmanirohim,

rame pada mbahas matic , berikut kutipan dari motorplus . semoga jadi masukan bagi rekan-rekan yang pengen mboyong matic sesuai kebutuhan

Spacy VS Yamaha Mio dan Suzuki Spin 

Spacy dijual pada kelas skubek entry level, harganya mulai Rp 11,7 jutaan untuk versi spoke wheel dan Rp 12,5 juta untuk casting wheel. Kalau dibandingkan secara harga, Spacy akan head to head dengan Yamaha Mio Sporty dan Suzuki Spin.

Mio dijual dengan harga sama seperti Spacy. Sedang Suzuki Spin dijual lebih murah, Rp 11,8 untuk versi casting wheel. Harga boleh sama, tapi fiturnya mari kita intip.

Secara desain ketiganya punya karakter yang berbeda. Yamaha Mio yang hadir paling lama di Indonesia punya desain manis dan paling sederhana, sedang Suzuki Spin tampil sporty dan Spacy lebih elegan. Ketiganya punya kesamaan, yaitu headlamp di setang.

Duduk di atas joknya, pastinya hampir sama. Jok empuk dengan ruang kaki yang hampir sama leganya. Tapi Spacy memang terlihat dan terbukti lebih gambot diantara dua kompetitornya ini. Kaki harus lebih dibuka lebih lebar saat menginjakan kaki di aspal. Untuk konsumen wanita, umumnya lebih suka yang langsing seperti Mio.

Ketiganya sama-sama punya konsol di bawah setang. Ruang penyimpanan barang Spacy dan Mio sama besarnya, tapi Spin hanya punya satu di sisi kiri. Sedang ruang di bawah jok, pastinya Spacy paling luas. Bagasinya mencapai 18 liter, helm full face aja masuk.

Bicara fitur safety, Honda tetap terdepan. Kunci setang bermagnet, sensor standar samping dan rem parkir hanya dimiliki Spacy.

Bagaimana soal spesifikasi mesinnya? Secara teknis, seharusnya performa Spin lebih unggul karena kapasitas mesinnya 125cc. Spacy dan Mio cuma 110cc. Meski lebih kecil, tapi Spacy sudah dilengkapi auto choke pada karburatornya. Sehingga lebih mudah dihidupkan dalam kondisi cuaca apapun.

Spacy VS Yamaha Mio Soul dan Suzuki Hayate

Tadi soal harga, sekarang komparasi fitur berdasarkan dimensi. Ukuran Spacy memang gambot, sepantasnya secara desain disandingkan dengan Mio Soul yang secara kasat mata sama besarnya.

Tapi bicara “space” atau ruang yang lega, musuh sebenarnya adalah Suzuki Hayate yang memiliki kelebihan serupa.

Bila melihat desainnya, Mio Soul tampak paling sporty dan Hayate tampil gagah dengan lingkar roda 16 inci, dual suspension di belakang dan ukuran bodi panjang. Diantara kedua skubek sebelumnya, Spacy jadi terlihat paling bantat, kecil tapi gemuk.

Soal desain memang selera, tapi bicara ruang duduk untuk pengendara dan boncengers, Hayate memang lebih unggul karena joknya paling lebar. Cuma sayangnya, pada Hayate ada pembatas antara pinjakan kaki kanan dan kiri. Ini disebabkan karena konstruksi rangka Hayate.

Sedang jok Spacy dan Mio Soul hampir sama luasnya. Pijakan kaki untuk pemboncengnya pun juga sama-sama nyaman. Hanya saja, ruang bagasi di bawah jok Mio Soul sangat terbatas, beda jauh dengan Spacy yang volume bagasinya mencapai 18 liter.

Kemampuan akomodasi super luas ini hanya bisa ditandingin oleh Hayate. Bagasi Hayate memiliki volume 17,7 liter. Sama seperti Spacy, bagasi Hayate juga bisa menampung helm full face, tapi dalam posisi menyamping.

Untuk perangkat safety-nya, semua skubek ini sudah dilengkapi kunci setang berpengaman magnet. Spacy dan Hayate juga sudah dilengkapi dengan sensor pada standar samping, mesin tak akan bisa dihidupkan kalau standar samping masih terbuka.

Tapi soal harga, tentunya Spacy paling murah. Pasalnya Mio Soul dilepas Rp 13,5 juta dan Hayate dijual Rp 14,3 jutaan. (motorplus-online.com

 

Suzuki Hayate

Suzuki Spin

Yamaha Mio Soul

Yamaha Mio

Honda Spacy

Harga OTR Jakarta (Rp,Juta)

14,3

11,8

 13,5

 11,7-12,5

11,7-12,5

Dimensi    

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

1.925 x 670 x 1.070

1.859 x 654 x 1.046

1,820 x 675 x 1,050

 1,820 x 675 x 1,050

1.841 x 660 x 1.094

Jarak sumbu roda (mm)

1.285

1.244

1,240

 1,240

1.256

Jarak terendah ke tanah (mm)

140

145

130

 130

128

Berat kosong (kg)

113

93

87

 87 

97

Kapasitas tangki BBM (Liter)

4,7

  3,7

4,1

 3,7

5

Kapasitas oli mesin (Liter)

1

 1

0,9

0,9 

 0,7

Rangka    

Suspensi depan

Teleskopik

Teleskopik

Teleskopik

Teleskopik

Teleskopik

Suspensi belakang

Lengan ayun, sokbreker ganda

Lengan ayun, sokbreker tunggal

Lengan ayun, sokbreker tunggal

 Lengan ayun, sokbreker tunggal

Lengan ayun, sokbreker tunggal

Rem depan

Cakram hidrolis

Cakram hidrolis

Cakram hidrolis

Cakram hidrolis

Cakram hidrolis

Rem belakang

Tromol

Tromol

Tromol

Tromol

Tromol

Pelek depan

Casting 16 inci

Casting 14 inci

Casting 14 inci

Casting 14 inci

Casting 14 inci

Pelek belakang

Casting 16 inci

Casting 14 inci

Casting 14 inci

Casting 14 inci

Casting 14 inci

Ukuran ban depan

70/90 – 16m / C36P

70/90 – 14 M/C 34 P

70/90-14MC 34P

 70/90-14MC 34P

80/90 – 14 M/C 40P

Ukuran ban belakang

80/90-16m / C43P

80/90 – 14 M/C 40 P

80/90-14MC 34P

80/90-14MC 34P

 90/90 – 14 M/C 46P

Mesin    

Tipe

SOHC 4-tak

SOHC 4-tak

SOHC 4-tak

SOHC 4-tak

SOHC 4-tak

Sistem pendingin

Udara

Udara

Udara

Udara

Udara

Diameter x langkah (mm)

53,5 x 55,2

53,5 x 55,2

50,0 x 57,9

 50,0 x 57,9

 50 x 55

Kapasitas silinder (cc)

124

124

113.7

 113.7

 108

Perbandingan kompresi

9,6 : 1

9,6 : 1

8,8 : 1

8,8 : 1 

 9,2 : 1

Daya maksimum (ps/rpm)

9,6 / 8.000

9,5 / 7.500

8,9/ 8.000

 8,9/ 8.000

 8,54 / 8.000

Torsi maksimum (Nm/rpm)

9,8 / 6.500

7,84 / 7.000

7,84 / 7.000

Karburator

Mikuni BS26

Mikuni BS26

Keihin NCV24x1

 Keihin NCV24x1

 VK22 x 1

Kopling

Kering, Sentrifugal AT

Kering, Sentrifugal AT

Kering, Sentrifugal AT

Kering, Sentrifugal AT

Kering, Sentrifugal AT

Sistem penggerak

V-Belt Otomatis (CVT)

V-Belt Otomatis (CVT)

V-Belt Otomatis (CVT)

V-Belt Otomatis (CVT)

V-Belt Otomatis (CVT)

Sistem starter

Elektrik & Engkol

Elektrik & Engkol

Elektrik & Engkol

Elektrik & Engkol

Elektrik & Engkol

Sumber: Yamaha, Suzuki, Honda

 

 

 

kedepan sangat mungkin persaingan akan mengerucut ke matic yang punya bagasi gede dan boleh jadi yamaha juga akan ikut nimbrung dengan fiorenya .

semoga bermanfaat,

keep brotherhood,

salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s