sekelumit profil tomotoka ishikawa

bissmillahirohmanirohim,

lagi rame mbahas penggantian bos BAI , ndak ada salahnya kita coba tlesik siapa sih tomotoka ishikawa , yang jelas beliau adalah orang hebad dan spesialis keliling dunia untuk mengatasi masalah riset per montoran .

berikut  kutipan dari detik.com ( ane juga baru baca sore ini neh. . . :mrgreen: )

Jakarta – Nama Tomotaka Ishikawa bukan lah nama yang asing. Sebelum masuk ke Bajaj, pria Jepang ini menjabat sebagai bosnya Yamaha di India dan di negara lainnya. Ishikawa sudah berkenalan dengan dunia otomotif sejak tahun 1974 di Yamaha Jepang.

“Semenjak lulus sekolah saya langsung bekerja di Yamaha, yaitu sejak tahun 1974. Dan berbagai jabatan pun pernah saya pegang,” ujarnya kepada detikOto.

Selama 33 tahun dirinya menangani Yamaha seperti di Afrika, AS selama 7 tahun, lalu Jepang 3 tahun, lalu kembali ke AS, lalu Jepang lagi, Thailand, India. “Lalu saya berhenti dari Yamaha,” ujarnya.

Seperti dilansir Wall Street Journal, Ishikawa dikenal sebagai turnaround specialist. Ishikawa sempat memoles Yamaha yang sempat terpuruk di India dengan memperbaiki proses produksi, membangun tim manajemen sumber daya yang handal dan menandatangani perjanjian baru dengan para pekerja. Di India, dirinya mengucuri masyarakat pecinta moge di sana dengan motor-motor berkapasitas besar.

Sebelum di Yamaha India, Ishikawa memulihkan nama Yamaha di Thailand dengan menggaet lebih banyak artis dan konser untuk mendekatkan nama Yamaha kepada konsumen berusia muda.

Setelah berhenti dari Yamaha, Ishikawa dipilih sebagai penasehat untuk Bajaj Auto di India. Dan kini pada 2011, Ishikawa diberi tugas untuk menangani Bajaj di Indonesia.

“Setelah saya berhenti dari Yamaha saya memang banyak mendapatkan tawaran untuk bekerja kembali. Tetapi saya lebih memilih Bajaj, karena perusahaan ini sedang tumbuh. Sejak saya bergabung 3 tahun lalu Bajaj telah menjual 2 juta unit di seluruh dunia dengan ekspor yang terus tumbuh 1 juta unit pertahun,” katanya di Jakarta.

Seiring dengan banyaknya pengalaman Ishikawa, kira-kira seperti apa yang bakal ditawarkannya untuk Bajaj di Indonesia ya?

“Jadi saya bergabung di Bajaj seperti Deja vu, layaknya perusahaan-perusahaan Jepang di waktu lalu. Dahulu perusahaan Jepang memulai dengan produk murah dan berusaha untuk menaikkan kualitas dengan harga terjangkau. Dan di tahun 1990an saya balik ke AS produk Jepang sudah diakui dunia. Dan oleh sebab itu saya menjadi sangat tertantang,” tambah Tom san, panggilannya, kepada detikOto.

Dari sekian potensi Bajaj apa kekurangan Bajaj bagi dirinya? “Satu kekurangan Bajaj, yaitu tidak tahunya masyarakat mengenai bagusnya produk ini dan saya akan memperbaiki semuanya,” tutup pria murah senyum ini.

Kita tunggu saja kiprah Anda Tom san!

semoga berguna ,

keep brotherhood,

salam,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s