perawatan rem cakram biar pakem

bissmillahirohmanirohim,

 

jaman sekarang perangkat rem cakram sudah dianggap peralatan standar dan bisa dibilang lebih baik dibandingkan rem tromol, ada kalanya karena masa pakai rem cakram kita jadi gak sepakem dulu pas waktu masih baru, berikut tips perawatannya yan ane kutip dari motorplus online :

Kerusakan rem cakram atau hidrolik, umumnya karena kebocoran atau macet. Tanda yang paling gampang dikenali, ngempos atau bagel alias keras saat tuas rem ditarik.

Mengecek problem rem mudah. Ngempos saat tuas rem ditarik tanda ada kebocoran akibat sil rusak. Ngempos karena tekanan ke kaliper minim. Akibatnya piston enggak terdorong dan kampas rem ogah mengempit cakram.

Kadang masih ngerem, tapi harus dikocok berulang kali. Itu karena ada udara masuk di saluran minyak rem. Setelah minyak terdorong naik dan udara naik, rem pakem lagi.

Jika ketemu ciri itu, lekas cek letak kebocoran. Tandanya ada jejak lelehan bekas minyak rem. Yang rawan bocor sil O-ring di tuas penonjok master rem dan sil O-ring di piston kaliper.

Problem akibat kotoran di rem hidrolik ada dua. Yang nempel di luar dan di dalam. Kotoran di luar umumnya ada di kaliper, terutama di area sil debu piston. Kotoran di dalam berupa kerak dari minyak oli yang sudah lama. Kotoran ini nyangkut di seluruh jeroan peranti rem.

Nah, kalau bagel segera cek kebersihan peranti rem. Awalnya cek kotoran di luar. Sejatinya kotoran ini bisa dicegah kalo rajin bebersih pas servis rem setiap 6 bulan sekali. Kalo dibiarin, kotoran ngendap dan keras sehingga mengganjal gerak piston. Akibatnya piston macet atau baret. Bisa juga karena piston di master rem kotor.

Ada gejala problem lain disebabkan batang tidak center. Biasanya setelah mengerem masih tersisa efek deselerasi. Atau saat maju roda lancar, tapi pas dimundurin tersendat

semoga berguna bagi diri saya sendiri . . .:mrgreen: , dan bagi teman-teman semua yang membaca. . .

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

6 responses to “perawatan rem cakram biar pakem

  1. mmmmmmmmanntaaaaap….
    monggo dishare cara menguras rem cakram..hehehe…

  2. Setelah melewati genangan air atau setelah motor berhujan ria, sebaiknya segera semprot air piringan cakram dari arah depan dan samping agar kotoran2 langsung hilang. Krn kotoran2 itu bisa membuat baret pada piringan saat melewati kampas di kaliper, akibatnya kampas jadi gak awet n piringan gak rata

  3. thnks…mas bro. salam brotherhood.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s