bom waktu pada pulsar . . .

bissmillahirohmanirohim,

judulnya rada serem ya . . . .

cuma mau sharing pengalaman aja bagi rekan-rekan pamakai pulsar dan suka modif elektrikalnya .

kita semua tahu bahwa pada motor pulsar ada BCU ( semacam kontroller elektrikal ) dimana alat itu sudah di seting oleh bajaj indihe untuk membaca tegangan aki, lampu sein dan klakson serta lampu belakang.

setahun yang lalu karena lampu ane putus ane ganti lampu depan dengan watt yang lebih gede standar 35 watt ane ganti dengan 55 watt ( biar awet pikirku ) .

namun apa daya bulan lalu ane kena batunya ditengah perjalanan ( depan harapan indah ) motor ane keluar asap sampe-sampe ane diteriakin biker sebelah ane , ” motornya kebakaran pak  !!! ”  dengan spontan ane matikan mesin dan ane dorong sigambot ke pinggir , setelah ane cek-cek ternyata kiprok ane meleleh dan celakanya pulsar 200 gak ada engkolannya ( kick starter ) . ya udah terima nasib ane dorong si gambot 145 kg  nyari bengkel terdekat , baru 1 km ane ndorong ane dah nyerah dan ane teringat sahabat karib ane di bilangan bekasi dan ane minta tolong di tarik nyari bengkel .

selang 15 menit datanglah soheb ane dan nyetut ane nyari bengkel ( bengkel umum ) setelah diperiksa mekaniknya ngomong gini pake lampunya ini kegedean pak wattnya kiproknya jadi kepanasan dan kabel-kabel meleleh ,kabelnya ini saya akali dulu mas buat sementara tapi segera di ganti .

keesokan harinya ane pun meluncur ke bengkel resmi dan segera ganti kiprox  dan kena harga 109.000 dan sekalian ganti lampu standar 35 watt.

alhamdulillah  gak terjadi pas mudik dan bcu aman , coba kalau pas mudik apa nggak puyeng nyari kiprok pulsar

untuk elektrikal  pulsar termasuk aki sebaiknya standar aja , karena tegangan atau daya berlebih otomatis akan berdampak ke BCU atau ke komponen lainnya .

wes lah melu ae karo insinyur perancangnya aja , lebih aman

semoga berguna ,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

10 responses to “bom waktu pada pulsar . . .

  1. thanks sharingnya mas
    bisa buat pikir2 kalo ganti lampu,hehe

    • termasuk aki standar 9 ampere kalau bisa cari yang 9 ampere juga.
      BCU di set mendapat asupan daya 9 ampere dan fungsi bcu ibarat otak elektrikal pulsar.
      kebayang kan kalau over power in

      keep brotherhood,

      salam,

  2. wah ga boleh sembarangan neh motor, nais ingpo Masbro..

  3. Sebenernya bukan bom waktu, tapi kesalahan user, karena memasang beban lampu berlebih dimana butuh arus yg lebih besar daripada yang disediakan oleh sumber daya.

    Di mobil juga kejadian seperti itu kok, kalo lampu diganti watt yang lebih besar, relay & kabel leleh & terbakar.

    Mending cari jenis/type/merk lampu lain yg lebih terang/optimal dengan daya yang sama.

    Salam dari p180-UG4 owner😉

  4. saya pake aki 10A di P200 mas, aman.
    pakai aki 100 Ampere pun tidak masalah sebenarnya, aki ibarat bak air, ampere menunjukkan kapasitas penyimpanan.
    yang penting tegangannya kudu sama2 12 volt.

    di aki ada tulisan misal 10AH (ampere hour), artinya kita pake arus 10 ampere dia bisa tahan selama sejam sampai habis.

    coba itung2:
    12V x 10A = 120watt, dengan daya tahan aki 1 jam 10A, artinya pakai lampu 55watt bisa tahan 2 jam 10 menit

    12V x 9A = 108watt, dengan daya tahan aki 1 jam 9A, artinya pakai lampu 55watt bisa tahan 1 jam 57 menit

    hitungan diatas untuk aki tanpa ngecharge.

    cmiiw

Tinggalkan Balasan

