ketika mas Londo buka rahasia bedah mesin pulsar

bissmillahirohmanirohim,

musim mudik, nulis diwarung juga ikut libur . . . :mrgreen:  gak papalah namanya juga hoby suka-suka aja . . .

kaget juga ketika mbaca postingan om londo di POL mengenai langkah-langkahnya dalam membedah mesin ( terutama pulsar ) .

“gak salah ini om Londo buka rahasia ? ”  pikirku,  namun yang harus diingat motor ibarat masakan beda tangan beda hasil dan mungkin inilah salah satu kelebihan empu pulsar yang satu ini, beliau gak pelit ilmu dan dengan senang hati akan memberikan ilmunya kepada siapa saja.

berikut urutan membedah mesin pulsar versi om Londo

1. motor sebelum di “operasi” dilakukan test dyno untuk mengetahui power dan torsi

2.setelah data dyno muncul baru dianalisa secara cermat, mau torsi apa power tergantung request

3. port n polish untuk memperlancar jalur  bahan bakar

inlet dibuat bulet kata si om biar gampang ngitung afr nya

4.pengaturan ulang ruang bakar , tujuannya sbb:

-pembakaran lebih sempurna
-pembilasan lebih sempurna
-Hitung perbandingan kompresi,kalau kompresi terlalu rendah dilakukan pemapasan head sehingga didapat angka rasio kompresi yg diinginkan.

5. memodif cam

6. pengetesan durasi cam di head

7. test cam di mesin

8.Karena sudah dilakukan modifikasi kem otomatif baik durasi maupun lift klep akan mengalami perubahan.
Terutama ketika langkah overlap klep akan sedikit lebih tinggi.otomatis jarak antara klep dengan piston akan semakin dekat.
Agar jaraknya kembali longgar maka piston harus dicoak.tujuannya kalau mesin berkitir tinggi ada kemungkinan klep akan floating atau melayang,dengan diberikan coakan piston yang cukup maka gejala piston dan klep berciuman dapat dihindari.

9. Modif klep: bertujuan agar bahan bakar masuk dan keluar akan lancar sekaligus bobot klep akan ringan,ini jg mengurangi resiko klep floating.

10. Sekir klep dan dirakit semuannya,Setelah mesin hidup dilakukan Jetting karbu,stel klep dll.

11. dyno akhir untuk mengetahui capaian power dan torsinya

12. kalau masih dirasa kurang grafik dyno di analisa lagi

bekerja dengan data hasilnya akan lebih maksimal jika dibandingkan hanya mengandalkan feeling aja , ndak heran hasilnya juga melahirkan motor dengan tenaga monster .

semoga bermanfaat

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

20 responses to “ketika mas Londo buka rahasia bedah mesin pulsar

  1. Mangtap…..

  2. entek piro ragade nggeh Masbro ? Terus durabilityne pripun… ?

    • tergantung jenis oprekannya om.
      S1 (pnp + rapiin ruang bakar + modif cam): 1 jutaan..
      S2 (bore up + S1): gak tau harganya..
      S3 (stroke up + S1): gak tau infonya, soalnya jarang yang stroke up doang.

      Biasanya, dari standar langsung ambil ketiga paket (S1, S2, ama S3). Nah, biasanya kalo gak salah sekitar 3,5 jt untuk paket komplit (part dari mas Londo; CMIIW)

      demikian info yang bisa dikasih

  3. weh, perlu dicoba.
    kira2 ada artikel/link info jelas tentang alamatnya kang sabdho?

  4. alamat, foto2 bengkel TRB di Kalasan (mas Londo) ada di sini :

    http://www.prides-online.com/showthread.php?t=9739

  5. sekilas om londo dari samping kaya ariel peterpan😀

  6. wuh… jos tenan Om Londo ki…😀

  7. woah…, manteb….
    nabung dulu, ah….😀

  8. recomended,,,,,,,,,

  9. Klo ada produsen part racing buat Pulsar, bisa di jadikan konsultan nih om Londo🙂

    Terus berkarya y om Londo. Sy salut sekali ama hasil karya om.

  10. Mantab, trus piye kalo posisi. Saya dijakarta begini?

  11. bang cara buka head ya tolong di jelasin nice yangkud di lubang busi

  12. Salam kenal mas…ane edwin mojokerto…mo nanya kalo mo nglepas body com starter caranya gimana ya?….

  13. muhammad kharismadi

    mas saya mau nanya ni.
    gimana cara membuka rumah busi motor pulsar 180 dtsi. yg sebelah kanan

  14. Alamat pundi Om.londo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s