teh rosella ternyata luar biasa . . .

bissmillahirohmanirohim,

kemarin ane waktu belanja di warung obat herbal langganan kebetulan ada sebungkus plastik bunga rosela kering ane perhatiin kemasan plastik yang terkesan apa adanya ada secarik kertas yang menjelaskan beberapa khasiat dari bunga rosella tsb.

ane perhatiin bandrolnya cuma 15.000 untuk sebungkus plastik bunga rosella kering yang lumayan banyak menurut ane, akhirnya ane putuskan untuk beli karena penasaran sam khasiatnya .

keesokan harinya karena penasaran ane googling mengenai khasiat bunga rosella ( teh rosella ) dan diluar dugaan banyak sekali ulasan yang membahas  berikut beberapa khasiatnya :
1. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kolesterol, batuk, panas dalam, ambien.
2. Melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing, buang air besar, memperbaiki saluran kencing dan ginjal.
3. Menurunkan kadar gula dalam darah/diabetes
4. Menurunkan asam urat.
5. Mencegah kanker
6. Menambah vitalitas dan kesehatan jantung.
7. Meningkatkan daya tahan tubuh
8. Membantu kesehatan mata
9. Pengganti cairan elektrolit tubuh
10. Mengontrol berat badan untuk program diet, memperbaiki pencernaan dan mencerahkan kulit
11. Mencegah penuaan dini
12. Menetralkan racun
13. Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati
14. Mengurangi pusing dan migraine
15. Bagi anak-anak, mempercepat pertumbuhan otak karena mengandung omega-3 dan memacu pertumbuhan DNA.
16. Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri, anti virus dan mengobati keracunan

Cara minum :
Campurkan 3-5 kelopak bunga Rosella yang telah dicuci bersih dalam air panas. Diamkan sekitar 5 menit untuk memberikan citra rasa, aroma dan warna khas bunga Rosella. Untuk penderita maag, komposisi air harus lebih banyak dan diminum setelah makan

yang ini kutipan dari elfacenter

Rosela adalah salah satu tanaman obat yang banyak manfaatnya dari daun, kelopak, bunga hingga buahnya. Teh Rosella atau Teh Merah dikenal dengan nama beragam : Teh Rosella , Hibicus tea, Teh Mekah, Teh Yaman, Karkade (Arab), Kazeru (Jepang), Merambos Padang, Asam Renjang (Muara enin) dan Hibicus sabdariffa (Latin)

Identifikasi LIPI:364/I PH.i 02/If.8/2004 – 11 Juni 2004, tiap 100 gr mengandung 260 – 280 mg Vitamin C, Vitamin D, B1, dan B2. Kandungan Vitamin C, 3 kali lipat dari anggur hitam, 9 kali lipat jeruk situs, 10 kali lipat lebih besar dari buah belimbing, dan 2,5 kali lipat dibanding Vitamin C dalam jambu klutuk. Selain itu Teh Rosella mengandung Kalsium tinggi (486 mg/100gr), Magnesium serta Omega 3. Teh Rosella juga diperkaya Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Carotten dan Asam Esensial. Produk Rosella kering dari sumatra selatan sudah di akreditasi Balai Besar Industri Agro Perindang RI No.5462, 13 Oktober 2004.


Khasiat Bagian-bagian Tanaman Rosella

Teh satu ini sangat berkhasiat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, diabetes, hipertensi, hingga asam urat. Teh ini juga berkhasiat mencegah oesteporosis dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungannya.
Teh yang berasal dari tanaman Rosella ini juga berfungsi mengatasi batuk, sakit tenggorokan, dan sariawan. Rosella ini juga bisa menjaga kehalusan kulit dan keriput. Khasiat lainnya adalah melancarkan buang air besar.
Tanaman rosella ini berasal dari India dan Afrika. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah dengan aroma yang khas dan memiliki rasa yang asam, namun menyegarkan dan menyehatkan. Tanaman bernama Latin Hibiscus sabdariffa ini sedang naik daun. Padahal sejatinya tanaman ini sudah lama ada di Indonesia. Hanya saja, ia disebut dengan nama yang berbeda di setiap daerah.

Kelopak Rosella bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun dalam bentuk seduhan seperti teh. Di Mexico, bagian selatan California, dan Thailand, kelopak Rosella kering yang dimanfaatkan dengan cara diseduh seperti teh sangat populer dengan sebutan Jamaica, atau aqua de Jamaica. Di Senegal, teh Rosella dikenal dengan nama jus de bissap. Masyarakat Gambia menyebutnya wanjo, zobo, atau tsobo. Di Turki, kelopak Rosella kering yang disajikan dalam bentuk teh disebut Karkade (dibaca “kar-kahday”). Karkade sendiri konon merupakan cara bangsa Arab menyebut teh manis. Mungkin karena kelezatannya itulah teh Rosella menjadi minuman kaum bangsawan Mesir kuno dan dijadikan semacam ritual “toast” pada perayaan pesta pernikahan di Sudan. Kelopak Rosella segar juga dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk makanan seperti puding, campuran salad, hingga selai dan sirup.
Sayangnya, kadar antioksidan dalam kelopak Rosella menjadi berkurang jika dikeringkan dengan proses pemanasan (dipanggang dalam oven). Kadar senyawa berkhasiat yang terkandung dalam kelopak Rosella berada pada tingkat tertinggi jika dikonsumsi dalam bentuk segar.

Antikanker dan Antihipertensi
Di antara banyak khasiatnya, Rosella diunggulkan sebagai herba antikanker dan hipertensi. Ini sesuai dengan uji pra klinis yang dilakukan oleh Yun Ching Chang, seorang peneliti dari Institute of Biochemistry and Biotechnology, Chung Shan Medical University di Taiwan. Yun Ching Chang menemukan bahwa pigmen alami dari kelopak kering Rosella terbukti efektif dalam menghambat dan sekaligus mematikan sel kanker HL-60 (kanker darah atau leukemia). Pigmen ini juga berperan dalam proses apoptosis (bunuh diri) sel kanker.

jadi gak ada salahnya ane coba toh harganya murah banget . . . . ya tho . . . ?

semoga bermanfaat,

 

keep brotherhood,

 

salam,

18 responses to “teh rosella ternyata luar biasa . . .

  1. hormat saya brother saya kopi komennya buat di web saya ya kebetulan sedang meluncurkan produk2 tentang rosella.saya sertakan sumbernya..
    assalamualaikum. regards

    PT.Rosella Sejahtera Mandiri

  2. Aq sering minum kie🙂

  3. itu teh bunga rosella nya diminum abis itu bunga nya di makan juga gk?

  4. Klo untuk ibu hamil, minum teh rosella aman tidak ya? tq

  5. Mantap kali bah…
    Konsumsi trus biar dpt menghemt duet k RS

  6. Enak yang masih segar (baru dipetik), karena yang sudah dikeringkan maupun yang sudah jadi dalam bentuk minuman botol rasanya sudah lain dan neg. Dulu pernah hadir teh rosella dalam bentuk teh celup (Teh Karkade), tapi sekarang tidak tahu, masih beredar atau tidak ?
    Yang merah tua (agak hitam, bulat) lebih segar dan beraroma serta tidak kecut, beda dengan yang pink (lancip). Saya dulu yang pertama mempopulerkan Rosella merah tua di Malang (jauh sebelum rosella pink hadir).
    Bagi yang berpotensi darah rendah, harap diperhatikan cara mengkonsumsinya (jangan terlalu kental, biar tensi darah tidak cepat drop, sehingga bawaannya ingin tidur terus).
    Efek yang paling cepat terasa adalah :
    – jadi sering kencing (efek diuretik)
    – penenang (jadi mudah tidur)
    – pengencer kekentalan darah (mengurangi resiko terserang stroke dan serangan jantung)

    Promosi tentang khasiat herbal akan lebih mengena sasaran bila disertai testimoni dari pengguna yang sudah benar-benar merasakan khasiatnya, bukan hanya hasil dari uji klinis maupun empiris.

  7. Ingin Tau cara menyajikan TEH ROSELLA yang bener dan baik??
    yuk kunjungi website kami di:
    http://grosirtehrostea.wordpress.com/

  8. Saya dari Banting, Selangor, Malaysia. Macam mana mahu beli produk teh rosella ini? Terima kasih…

  9. terimakasih ya gan atas info cara penyajian yang baik nya
    semoga bermanfaat
    assalamualaikum ?

  10. Khasiatnya dahsyat rupanya, terima kasih infonya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s