tiger monster 31,5 hp , SOHC yang menembus batas

bissmillahirohmanirohim,

Terus terang aku cuma bisa garuk-garuk kepala mendapat notifikasi dari om londo yang bermarkas di lereng merapi ini, gimana tidak belum juga hilang dari ingatan ane gimana hasil modifikasi satria den bagus dari 150 cc menjadi 196 cc dengan output power 30 an hp, yang pernah ane tulis dulu  disini kemudian satria monster 240 cc dengan power 35 hp an dan pernah juga ane muat di sini juga, semuanya adalah master piece empu untuk DOHC yang memang karakter dari sananya sudah buas dan galak di putaran atas.

hasil dyno awal sebelum di modif

Adalah sebuah Tiger revo punya om Anto yang sepertinya sudah pernah di oprek juga kalau dilihat dari hasil dyno awal yang punya power di kisaran 20 hp , om anto pengen power tigernya lebih ganas lagi sehingga lebih enak buat turing ke rute-rute yang ekstreem tanjakanya namun harus mantap juga untuk cruising atau overtake sumber kencono  ( bus maut neh. . . ) .

karbu standar tiger

Tidak seperti mesin satria FU yang udah DOHC 4 valve dan memang udah punya karakter ganas dari sononya , kita tahu mesin tiger adalah jenis SOHC 2 valve yang biasanya memble kalau harus dipaksa untuk diajak main di putaran rpm diatas 10.000 , hal ini menjadi kerumitan tersendiri mengingat power yang sudah ada juga sudah besar untuk ukurannya ( tiger standar sehat 16 hp sementara tiger mas anto ini sudah 20 hp ) .

Riset pun dimulai semua part pendukung kenaikan power di ukur ulang dan di teliti apakah masih ada potensi power lebih besar lagi . . . . .  opsi bore up dan riset ulang cam pun menjadi pilihan gak lupa piranti pengapian dan porting polish saluran in ex pun dipilih gak lupa knalpot standar pun harus pensiun di gantikan knalpot freeflow .

setelah selesai riset dan pengerjaan tinggal dyno untuk  jetting ( maklum karbu ) di atas mesin dyno  dan diluar dugaan power yang di hasilkan mesin tiger mas anto menyamai rekor satria den bagus yang 30 hp bahkan bonus 1,5 hp . . . .

maaf gambar kurang jelas , ane dapetnya udah begitu . . .

mesin 4 tak SOHC dengan karbu standar bisa menembus angka psikologis 30 hp . . . . sebuah masterpiece dari mas londo lagi . . . .

last ada kata-kata om londo yang sangant menarik yang selalu terngiang di kepala ane  ” jangan pernah underestimate pada motor apapun, mesin apapun kalau di riset dengan benar hasilnya bisa diluar dugaan ”  .

berikut spek komplit Tiger monster om anto :

bore x stroke = 70 x 62,2 (stroke std)
kapasitas = 239 cc
rasio kompresi= 11,8 : 1
coil = YZ 85
CDI = Rextor prodrag (Timing tertinggi 28 derajat di 5000rpm)
Knalpot = Custom
Karbu =setandar (box filter udara masih difungsikan)
ban depan = BT 110/70-17
ban blk = BT 130/70-17
Valve = 33-28
spring valve= STD
spesifikasi camshaft;
EX ; lift 8,96mm
open 1mm ; 53drj
close 1mm; 28 drj
lift overlap; 3mm
IN ; Lift 9,32mm
open 1mm; 25 drj
close 1mm; 52mm
lift overlap; 3,4mm

semoga berguna ,

keep brotherhood,

salam,

38 responses to “tiger monster 31,5 hp , SOHC yang menembus batas

  1. wuiih… tigerku bisa nih,,😀

  2. wih ajib😀

  3. yg penting sekarang pengapian harus bagus, besar

  4. bengkelnya dimana mas bro..

  5. byuh,mantab….tp ane uda syng,bro ma tiger std ane,lagian klo jln ane ga prnh mentok 100kpj,eman dan biar awet😉

  6. Bysa nggarap bison biar lebih mantap nggak ?

  7. wah, kudu ati ati nih kalo ketemu macan yang satu ini, punya salah satu anggota imty kan yah?:mrgreen:

  8. wuss..ngeri banget..tenaga macan hampir 2 kali lipat dan filter udara masih kepasang..😯
    ngomong-ngomong itu buat touring jarak jauh ketahanannya juga tetep kah?mengingat rasio kompresi yang juga cukup besar..sangar kalo tetep setahan tiger standar..

  9. Kalau dikasih piston Suzuki Carry bs lbh besar cc nya tp daya tahan agak kurang krn boring tipis

  10. dengan lifting sebesar itu, klep-nya seperti dibanting-banting aja ya. mudah2an gak gampang lumer seperti adonan bak pao.

  11. om untuk bahan bakar tiger di atas menggunakan apa??
    bensin apa pertamax ??

  12. dari kompresi jelas paling aman pertamax tapi dari info yang punya ini adalah spek turing yang aman minum premium

    keep brotherhood,

    salam,

  13. Jika nanti next teralis honda benar-benar menjadi motor yang melebihi ekspektasi semua orang dengan modelnya yang cakep, fiturnya yang advance, powernya yang besar , bakal besar kemungkinan merebut kekuasaan vixion. Bahkan bukan hanya vixion yang terpengaruh. Sodaranya sendiri seperti CBR 150, NMP dan Tiger bakal kena imbasnya juga. Analisa ala blogger pemula mengenai sport teralis honda sebagai berikut: Mesin yang dipakai honda teralis ga mungkin sama persis dengan mesin CBR 150. Tentunya dengan berbagai penyesuaian, prediksi SF torsi bakal sedikit lebih dari CBR 150 namun power jelas dibawah CBR (namun wajib diatas vixion). Ada kemungkinan kompresi juga turun karena honda teralis ini ditujukan untuk motor sehari-hari. Bagaimana nasib CBR 150 nantinya ? Tentunya akan terpengaruh, jelas kan… mesin setipe tapi lebih murah. Potential buyer yang sangat mepet dalam hal budget, tentunya bakal melirik honda teralis ini. Sensasi DOHC dengan injeksi dipadu dengan teralis naked menjadi kekuatan utama honda teralis. Namun ingat, CBR menawarkan sesuatu yang ga ditawarkan honda teralis, yakni full fairing, speed serta prestige. Jika ane jadi AHM ga ambil pusing dengan penurunan penjualan CBR 150 (soalnya masih ada kakaknya yang jadi flagship honda). Efeknya bagi image AHM ga besar kok, kan cuma distributor saja. Jika nantinya jika Honda teralis jadi booming, penjualannya bisa berkali-kali lipat dibanding CBR150, tentu untungnya jauh lebih besar, lah motor diproduksi dan sekaligus dijual sendiri plus untung dari jualan sparepart juga.

  14. mupeng dah, kira2 nelen dana berapa yah?😀

  15. waaahhh….. Piro yo ragate kuwi??? Pengen..

  16. Fbnya apaan y mas?
    tak cari londo trb ga ada e?
    Tq

  17. nama fb ganti mas bro, “londo saja”

  18. itu kira2 abis brpa biayanya ya mas bro bsa tmbus 30hp ?
    n alamatnya dmna ya mas ? mksih

  19. jika mesin 50cc 2 tak saja bisa begini http://mumet-ndhase.com/2014/01/06/suzuki-rk-67motor-balapan-yang-bakalan-bikin-anda-mumet-ndhase-jika-memakainya/ tentunya kata -kata om londo itu ada benarnya..

  20. keep brotherhood,

    salam,😀

  21. wah keren tenan masbro..
    jos pokoe
    #keep safety riding#

  22. menyimak

  23. waduh sip itu kalo di aplikasi ke tiger gue nih =D kira” habis berapa semuanya ya mas:/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s