apa yang kita nikmati hari ini adalah buah dari pohon yang kita tanam di masa lalu. . . . tanamlah yang terbaik. . .

bissmillahirohmanirohim,

 

sedikit intermezo . . . atau lebih tepatnya interospeksi buat ane sendiri

kriinggggg. . . . alarm berbunyi mengagetkanku dari lelapnya tidur sengaja jam alarm ane taruh di ruang tamu sehingga mau tidak mau ane harus bangun dan keluar kamar untuk mematikan alarm tersebut , ane lihat jam menunjukan pukul 04:00 pagi . . . suara ayam tetanggapun sudah riuh berkokok menandakan pagi segera menjelang . . .

IMG00762-20120101-1727terima kasih ya Allah atas nikmatmu . . . tak sanggup kuhitung . . .

selesai mematikan weker kegiatan rutin di WC pun ane jalanin sekalian ambil air wudhu dan sholat 2 rekaat sebelum berangkat ke mesjid untuk sholat shubuh. . . . pagi ini selesai sholat fajar ane coba merenung mencoba membuka lembar demi lembar kehidupan ane mulai dari ane kecil sekolah tk,sd,smp hingga smea . .  . ditinggal ibu, kerja ,kuliah dan menikah hingga lahir bilal . . .

ane coba pilah-pilah kesalahan demi kesalahan dan usaha yang kurang maksimal dalam pengabdian kepada keluarga , tak terasa airmataku pun mengalir deras ketika ane ingat Bapak dan Ibu(almh) di kampung rasanya ane belum cukup berbakti kepada mereka. . . cuma doa dan kadang-kadang kiriman tiap bulan yang jumlahnya gak seberapa membuat ane benar-benar merasa seperti orang tidak berguna . . .

kumandang azan shubuh pun bergema menandakan waktu sholat shubuh sudah tiba , ane hampiri istri dan anak yang ada di kamar depan , mereka berdua tampak pulas sekali tidurnya gak butuh waktu lama istri anepun terbangun dan ambil air wudhu sementara ane jalan kaki ke mesjid yang jaraknya mungkin cuma 200 meter dari rumah ane .

tiba dimesjid nampak hanya satu shaf saja jamaah dan qomat pun segera dikumandangkan karena memang di hari biasa jamaah sholat shubuh cuma satu shaf saja , selesai sholat dzikir sebentar dan doa anepun pulang jalan kaki lewat jalan alternatif yang agak memutar ( ane sengaja karena ane pernah denger ini memang di ajarkan oleh Rosululloh SAW ) .

IMG00560-20111117-0607pohon mangga dan pepaya depan rumah ane . . . .

pagar bambu depan rumah ane pun ane geser dan ane buka penuh pohon kelapa yang ane tanam beberapa tahun lalu nampak rimbun dan nampaknya akan segera berbuah, sementara pohon pepaya dekat sepiteng sudah matang ane hitung jumlahnya ada 6 yang mateng ( mayan lah buat bagi ke tetangga pikirku ) sementara pohon mangga juga nampak rimbun namun entah mengapa belum mau berbuah juga .

anepun segera manjat pohon buah pepaya yang sudah mateng tadi meski hari masih agak gelap, 5 buah pepaya mateng ( meski masih agak keras ) berhasil ane turunkan 1 ane simpen buat dimakan keluarga dan 4 buat tetangga , ane lahir dari keluarga petani dan sejak kecil ane memang diajarkan untuk nanam pohon buah dan jangan pelit kalau sudah pda mateng tetangga bagiin .  .  . ngasih uang ke tetangga gak mungkin . . . . lha wong sama-sama susah kok. . . . buah depan rumah ajalah . . . .

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

2 responses to “apa yang kita nikmati hari ini adalah buah dari pohon yang kita tanam di masa lalu. . . . tanamlah yang terbaik. . .

  1. Saya pernah kebingungan karena bangun kesiangan hingga waktu subuh terlewati begitu saja. Namun saya segerakan sholat saja meski matahari telah terbit, karena saya merasa itu bukan hal yang disengaja, dan semoga Allah mengampuniku. Apakah sholat saya sah? setelah mencari jawabannya, dan bertanya pada guru pembimbing, barulah saya merasa tenang bahwa sholat saya masih sah, karena tidak ada unsur kesengajaan.

Tinggalkan Balasan

