ini baru bener. . . bensin naik tiket KRL turun. . .

bissmillahirohmanirohim,

ribut  ribut bensin mau naik sementara harga sembako dipasar udah pada naik. . . . mau gimana lagi inilah kenyataan. . .

kadang ane kalau sehabis sholat shubuh di mesjid sejenak merenung dan mencoba menelaah keruwetan kenaikan bbm ( cuma baru  bisa mikir doang . . .:mrgreen: )  kenapa ane lebih milih motor dari pada naik KRL/Bus untuk berangkat kerja . . . .? ya karena make motor lebih ekonomis meski resiko badan lebih capek karena macet sudah jelas jelas akan ane dapet .

commuter lineimg by kompas

berita baik neh. . . kabarnya pemerintah akan memberikan subsidi kepada tiket KRL commuter line jabodetabek sebesar 286 miliar dalam bentuk PSO ( Public service obligation ) berikut kutipan dari kompas.com, kalau sudah begini mestinya pengguna motor akan berkurang dan pindah ke KRL . . . Semoga. . .

JAKARTA, KOMPAS.com – Per 1 Juli 2013, tarif progresif KRL Commuter Line (AC) akan diberlakukan. Pemberlakuan tarif progresif bakal dibarengi pemberian subsidi pemerintah melalui Public Service Obligation (PSO). Pemberian PSO akan membuat tiket KRL Commuter Line lebih murah. Setipis apa beda tarifnya dengan KRL ekonomi?

“KRL Ekonomi tetap ada karena itu penugasan pemerintah, jadi enggak akan kami apa-apakan. Nanti masyarakat pengguna (KRL) ekonomi nyaris sama lah (bayar tiketnya) dengan Commuter Line,” kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops I Sukendar Mulya, ketika dihubungi, Selasa (18/6/2013).

Menurut Sukendar, pemberlakuan tarif progresif hampir pasti dimulai per 1 Juli 2013. Dia mengatakan seluruh sarana dan prasarana di semua stasiun di Jabodetabek telah siap melayani e-ticketing yang menjadi prasyarat tarif progresif. “Insya Allah kami ada pembelajaran kemarin. Yang dari awalnya 1 Juni menjadi awal Juli. Pokoknya kondisinya sudah baik lah,” ujarnya.

Sebelum dan sesudah PSO

PT KAI berencana menerapkan tarif progresif untuk KRL Commuter Line. Tarif ini akan mengenakan biaya berdasarkan jarak tempuh.

Semula, untuk lima stasiun pertama setiap penumpang KRL Commuter Line akan dikenakan harga tiket Rp 3.000, kemudian per 3 stasiun berikutnya akan ada tambahan biaya Rp 1.000. Kucuran PSO senilai Rp 286 miliar akan membuat tarif yang dikenakan pada penumpang berkurang. Hitungannya menjadi untuk lima stasiun pertama dipatok tarif Rp 2.000, dan berikutnya per 3 stasiun ditarik biaya tambahan Rp 500.

Kucuran PSO untuk tarif KRL Commuter Line tersebut, mengurangi selisih harga tiketnya dengan KRL ekonomi. Sebagai contoh, rute Depok-Pasar Minggu akan terkena tarif KRL Commuter Line Rp 2.000, sementara tiket KRL ekonomi rute itu adalah Rp 1.500.

Sedangkan untuk jarak jauh, misalnya jalur Bogor-Jakarta-Kota, total biaya yang akan dibayar penumpang KRL Commuter Line adalah Rp 5.000. Adapun tarif KRL ekonomi jalur tersebut adalah Rp 2.000.

semoga berguna,

keep brotherhood,

salam,

10 responses to “ini baru bener. . . bensin naik tiket KRL turun. . .

  1. Adhitya Ramadian

    IMHO juga, bakal beralih ke KRL nih gw..

  2. yup.. semoga bus menyusul

  3. Tarif KRL Commuter Line akan mengalami kenaikan mulai tanggal 1 Oktober 2012. Untuk setiap rute, PT KAI menaikkan tarif Rp 2.000.”Penyesuaian tarif ini untuk meningkatkan kehandalan sarana dan prasarana KRL Commuter Line,” ujar Manager Komunikasi Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek, Eva Chairunisa saat dihubungi merdeka.com, Minggu (1/7) malam.Mengenai masih minimnya fasilitas KRL, terutama kurangnya armada, PT KAI berjanji akan memperbaikinya. PT KAI mengaku sudah melakukan pembelian 30 rangkaian rel. Hal ini diharap bisa mengurangi jejalan penumpang.”Saat ini memang sarana yang ada belum mencukupi,” kata Eva.Berikut daftar kenaikan tiket KRL Commuter Line per 1 Oktober 2012.a. Rp 9.000,- untuk Relasi Bogor-Jakarta/Jatinegara b. RP 8.000,- untuk Relasi Depok-Bogor c. Rp 8.000,- untuk Relasi Depok-Jakarta/Jatinegarad. Rp 8.500,- untuk Relasi Bekasi-Jakarta/Stasiun Transite. Rp 8.000,- untuk Relasi Parung Panjang/Serpong-Tanah Abang/Stasiun Transitf. Rp 7.500,- untuk Relasi Tangerang-Duri/Stasiun TransitTarif berlaku untuk arah sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s