kalau belum bisa, gak usah malu magang dulu. . .

bissmillahirohmanirohim,

 

sebelumnya ane mohon maaf kalau postingan ini kurang mengenakan karena menyangkut salah satu bengkel , postingan ini murni kejadian yang ane alami tanpa ada tambahan ataupun unsur ketidak senangan yang bersifat pribadi, cuma kececewaan pribadi saja. . .

hari sabtu pagi 29 juni 2013 kebetulan ane gak ada kegiatan ngantor / bekam yang biasanya memang suka ada yang request bekam ( ane malah baru inget sekarang om JA minta bekam . . . ampun om. . . ..  ) seperti biasa sabtu pagi muter-muter komplek bareng anak dan istri sambil belanja sayuran dan sarapan pagi tak terasa jam menunjukan pukul 09:30 pagi ane sekeluarga pun memutuskan untuk pulang ketika ane lewat ruko mutiara grande ane lihat beberapa motor pulsar baris didepan sebuah ruko , weih. . . ada bengkel baru rupanya bisa servis pulsar pula . . . mantap dah deket rumah ada bengkel pulsar . . .

anepun minggir dan masuk bengkel tersebut ane lihat peralatanya cukup bagus komplit seperti yang ada di bengkel resmi ane coba nanya ke staff registrasi , baru buka ya mbak , bisa masang kanvas kopling pulsar gak mbak. . . . ooo. . . bisa pak servis besar aja bisa pak, peralatan sudah standar bengkel resmi dan makanik juga sudah ditraining oleh Bajai Indonesia . .  . mantep juga MR.Montir neh bisa servis semua merk dan type motor  pikirku . . .

IMG01239-20120425-2129

saya pulang dulu ya mbak ngambil kanvas kopling dulu ya. . . . disini spare part juga lengkap kok pak. . . . tapi kalau bawa part sendiri juga boleh kok pak. . .  akhirnya ane pun pulang ngambil kanvas kopling yang udah ane beli beberapa waktu yang lalu. . . .

gak berselang lama ane pun registrasi sambil ngasih kanvas kopling dan pesen oli enduro racing buat sigambot. . . .tepat pukul 11 siang sigambot naik pit untuk direplace kanvas koplingnya anepun ikut mendampingi si mekanik untuk sekedar ngobrol ama mekaniknya sambil merhatiin cara kerjanya , baut blok dibuka pake alat pembuka baut yang menggunakan tekanan angin ( gak tau namanya ) weh. . . . mantep neh baut gak bakal slek. . . blok kanan berhasil dibuka giliran buka rumah kopling dkk . . . mekanik nampak kesulitan membuka namun setelah dibantu mekanik senior akhirnya terbuka juga rumah kopling

IMG00541-20111111-1714

di sebelah sigambot rupanya pulsar 180 hitam juga ganti kanvas kopling dan ritualnya pun sama jam 12 tepat kedua rumah kanvas kopling berhasil dibuka ( punya ane dan sebelah ane ) di cek ternyata rumah kopling sedikit oblagh si chief mekaniknya pun nunjukin sambil ngomong ini karet dampernya harus diganti mas dan harus dibawa ke tukang bubut dan kami pun sepakat untuk di ganti karet dampernya . . .

kurang lebih jam 2 an rumah kopling sudah selesai di kerjakan sama tukang bubut dan mulailah dipasang kanvas kopling baru , satu persatu plat dan kanvas kopling lama di bongkar dan dibersihkan ( dilap pake kain ) mantap juga kerjanya neh. . . . namun ketika semua kanvas kopling dan plat kopling terpasang semua dan masuk ke mangkok kopling giliran masang ke mesin mekanik nampak kesulitan untuk mensinkronkan dengan gigi balancer yang ada di kiri atas mangkok kopling setelah bongkar pasang berkali kali akhirnya terpasang juga blok mesin kembali di pasang dan oli mesin barupun di tuang ke mesin .

udah jam 16:00 neh. . . istri ane udah nyap-nyap serpis mesin lama amat . . . . ? akhirnya ane test si gambot dan getar mesin gak kayak biasanya anepun komplain ke mas hariyadi yang ramah itu. . . mas kok geter banget ya . . . biasanya gak begini  .  . . . mas hariyadi pun nyobain motor ane . . . ini masih wajar pak karena pemasangan part baru . . . pake aja dulu ya kalau dalam waktu seminggu masih geter bawa kesini lagi untuk kami cek lagi . . . ok mas suwun yo. . . . ane pun pulang sepanjang perjalanan ( ± 2,5 km dari bengkel ) geter mesin memang diluar nalar sampe-sampe biji ane linu dibuatnya . . .

karena penasaran sesampainya dirumah ane coba cek lagi mesin si gambot , standar 2 dan ane liat oli mesin kok utuh dalam kondisi mesin nyala. . . waduh gak bener nih . . . . anepun minjem motor tetangga untuk ke bengkel , sesampai bengkel anepun menemui mekanik yang tadi ngerjain si gambot , mas mesin geter banget dan oli mesin kayak gan naik mas. . . . ya udah kita stut aja pak kesini . . . ane pun boncengan ama mekanik tadi dan sesampai dirumah mas mekanik tadi pun ngecek level oli dalam kondisi mesin nyala . . . wah iya ni pak olinya kayak gan naik. . . .

akhirnya si gambot di stut ke bengkel dan sampe di bengkel mas hariyadi kembali mengecek baut di silinder head dibuka dan mesin dinyalakan . . . terlihat oli muncrat muncrat di rumah klep . . . . ni pak. . . naik kan olinya . . . anepun agak tenang . . . iyo mas tapi geternya itu lho mas. . . . bisa dilangin gak . . . . ooo geter itu karena kanvas koplingnya masih baru pak. . . di pake dulu aja pak. . . seminggu kalau masih kayak gini bawa sini lagi kita cek lagi. . . kan ada garansi . . . . seep lah. . .

faktur mr.montir

cek list mr.montirsemua diconteng padahal masang kanvas kopling doang. . . ane juga baru nyadar . . . :mrgreen:

 

malam minggu dan malam senen motor cuma ane pake ke warung beli jajanan sehingga ane gak tahu kalau geter makin hebat , hari senin pagi seperti biasa nae berangkat nguli dengan semangat pagi menyusuri jalanan bekasi utara yang banyak lobang hingga sampe kranji ane merasa geter mesin ndak bisa ditolelir lagi anepun berhenti ane coba sms mas hariyadi untuk konsultasi ( karena ane tahu hari senin dia libur masak ane ganggu telpon ) . . ..  waduh gimana ini. . . . pulang jauh nerus jauh . . .

akhirnya ane telpon kantor untuk membatalkan agenda meeting di menara bca thamrin  dan ane putuskan ke bengkel om gading di margonda depok  dengan bekal nekat dengan rpm max 2000 dan  ane belum pernah sekalipun serpis di jar depok  . . . jam 11:30 setelah 3 kali bolak balik sepanjang jalan margonda akhirnya ketemu juga . . .

anepun registrasi dan konsultasi sama mekaniknya mengenai geter mesin yang ane alami . . . gak butuh waktu lama blok kanan si gambot pun dibongkar mangkok kopling ,balancer semua dikeluarkan dan di cek terlihat memang gigi plastik ada yang rompal dan penyok-penyok . . . ini masih bisa dipasang pak tapi umurnya gak lama . . . ya udah lah pasang dulu aja mas yang itu kalau memang masih bisa , abis kena banyak kemarin ane. . . . akhirnya balancer dan mangkok kopling pun dipasang make alat semacem jepitan ( SST apa gitu namanya kata om gading ) dan blok mesin dipasang kembali . . .

faktur jarjasa lebih murah jar. . . . tanya kenapa. . .

oli baru pun di tuang ke mesin dan mesin dinyalakan . . . zwinggg. . . .zwingg. . . ini baru pulsar . . . . kata mekanik . . . yoi mas. . . anepun bayar dan gak lupa ngasih tip buat mekanik JAR yang memang bagus hasil kerjanya . . .

sebenernya ane gak mau release artikel ini namun karena ane merasa gak ada response dari ybs. . . ya terpaksa ane release biar kedepanya ada perbaikan kualitas . . . . dan pesan ane cuma satu . . . mending mekaniknya magang dulu deh di bengkel resmi nya pulsar biar kejadian ini gak berulang di konsumen yang lain. . . . # biji ngilu komplen siapa coba

 

semoga berguna ,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

43 responses to “kalau belum bisa, gak usah malu magang dulu. . .

  1. berarti itu kesalahan pemasangan balancer-nya kah?

  2. biji apa mas,
    biji mata yah..
    *) pura-pura naik perahu

  3. Kalau setiap kanvas kopling masih baru gejalanya kayak gitu, lha terus setiap pulsar yg baru kluar dealer pakai kanvas kopling apa dong…. Bekas gituh…!? Main njeplak aja tuh mekanik…

  4. waduh bahaya…
    gak ada cadangan biji kalo sampe rompal:mrgreen:

  5. Terima Kasih infonya….berguna bgt tuh. Emang kata mekanik Bajaj Kedung halang bogor, emang ada alat khusus untuk buka kanvas kopling….

  6. wah keren gan articel nya, memang sih skrng ane juga rada bingung kalo mau servis di surabaya andaikan beres yang dalam waktu dekat ini bakalan tutup… semoga cepat ada mekanik2 handal yang ngurusin si pibo ane kalo kenapa-kenapa🙂

  7. walah kalo udh sampe kranji knp gk ke bengkel Moto engine 512 aj mas deket pasar kranji,,mekaniknya mantan BAS bekasi n chief mekanik BAS Dewi Sartika lho,,ane juga kejadian kaya gitu waktu abis ganti rante keteng di bengkel biasa..selesai pasang suara mesin malah kata truk diesel, akhirnya ane bawa ke bengkel 512 cuman dibongkar 15 menit trus stel balancer beres..zwing zwing lagi:mrgreen:

  8. kalo geter, sudah bisa dipastikan pasang balancernya gak pas..

  9. Nyetel balancer nya kebalik, ya Om?

  10. sip bermanfaat gan artikelnya

  11. Wadduuh knp hrs “biji” sih… gada yg lain mas

  12. # biji ngilu komplen siapa coba …..
    di bekam aja gimana om?😆
    Piss om Sabdho:mrgreen:

  13. Di forward aj ke link email care nya Mr montir bro care@mrmontir.com biar langsung ditindak lanjutin.. berhubung bengkel msh bru,mw nyari market, kemungkinan langsung ditindak lanjutin

    salam satu aspal

  14. Woohhh… Malpraktek…

  15. ooo
    serem yak,
    minta pasangin mas azizi saja:mrgreen:

  16. eh di tasik masih ada loh bengkel pulsar, katanya resmi
    kata bro bill yg disini➡

    http://at0zz.wordpress.com/2013/07/01/special-thanks-to-bro-bill-pulsarian-tasik-1460/

  17. makasih infonya gan… untung kemarin ane gak jadi ganti kopling di mr. montir, trus melipir ke syndicate motor kali malang

  18. buat percobaan, hiks

  19. wah kalo jarak jauh bisa netes..

  20. setelah vario ber-vibrator, datanglah pulsar perontok biji:mrgreen:

  21. Klinci percobaan brarti… heheheh

  22. wingi setelan langsam motorku yo ra beres . ra dong sing salah mekanik po udu, soale bar ko mekanik njur uji emisi, karbu yo disetel neh karo petugas uji emisine, nek panas rpm munggah nganti 2500 … ngegerung ra umum. sadar wis ta gowo mulih .. rep mbalik rodo males

  23. ngiluuuu

  24. ini urusan bekam jadinya gimana nih????

    *lempar kampas kopling bekas

  25. Kalau ada informasi ada training mekanik pulsar tolong kabari aku ya.biar anak buah baruku di training.

    • hahahaha. . . . om bisa aja . . .
      sepertinya kalau model franchise macem mr.montir trainingnya sama BAI om, atau panggil om gading aja . . . .. kebalik atau panggil om Londo aja . . .

      keep brotherhood,

      salam,

  26. Saya pernah mengalami hal yg sama….namun beda kerusakannya…ditmpt yg mengklaim mengerti Pulsar…..

  27. Pesen singkat aja mas, Buat Pulsar koq coba-coba? (Gaya iklan minyak kayu putih)

  28. haha biji ngilu komplen syapa,.?

  29. Ikut Nyimak ah, sedikit tips getaran biasanya terjadi karena pemasangan gear primery gak pas sama tanda yg ada pada gear primery dan block tengah, kliatAn tuh tanda garisnya. Klo udah pas di jamin gak bakal ada vibrator lagi pada mesin. Ukuran setel balancer standar pabrik 2 mata di putar ke bagian kiri depan belakang sama, klo mau suara swir2 nya mau lebih nyaring bisa dinaikkan ke level 3. Semoga bermanfaat sedikit pengalaman dari Ane

Tinggalkan Balasan

