khasiat lain gagang sirih. . . . resep kuno . . .

bissmillahirohmanirohim,

 

nenek moyang kita memang jenius , meski kadang kalau kita pikir gak masuk akal tapi setelah kita mencobanya baru kita tahu bahwa resep itu memang benar .

kali ini ane akan share khasiat lain dari gagang/batang  sirih, flash back dulu ya , sebelum ane merantau ke pulau jakarta ane aktifitas ane di kampung adalah kesawah dan hutan untuk nggarap sawah atau nyari kayu bakar , ada kalanya ketika ane di sawah/hutan kaki ane terkena duri / kayu  sakitnya lumayan lah bikin nyengir apalagi ada ujung duri yang tertinggal di dalam kaki kita, mau gak mau malemnya harus operasi kecil make jarum untuk mengambil ujung duri dari dalam kaki kita biar gak infeksi .

kaki kena beling

bekas luka operasi kecil di kaki rata-rata dikasih alkohol biar steril namun keesokan harinya ane jamin gak bakal bisa jalan dan gak bisa aktifitas seperti hari hari biasanya . . .

nenek ane memang hobinya nyirih ( maklum orang tua umurnya kurang lebih 90 an tahun waktu itu ) sehingga tiap hari selalu ada stok sirih lengkap dengan beberapa batangnya . . . .

Sirih

ketika ane pulang dari ngambil kayu bakar dihutan dan malemnya ritual cabut duri dari kaki nenek berujar ” ngko sikilmu di sumbu yo le , ben sesuk iso mlaku . . . ”  anepun cuma bisa bilang nggih mbah. . .  dan setelah batang duri sukses ane ambil dari kaki ane , dimulailah ritual nyumbu . . .

lampu teplokselain buat belajar bisa juga buat pengobatan, copot semprong kacanya dulu kalau buat nyumbu . . . .

dan berikut urutanya :

1. siapkan 1 batang gagang sirih ± 10 cm an ( bukan daunya ),minyak goreng dan lampu teplok / lilin

2. kunyah salah satu ujung gagang sirih tadi .

3. celupkan ujung gagang sirih yang sudah dikunyah tadi ke dalam minyak goreng

4. nyalakan lampu teplok / lilin , dan panaskan ujung gagang sirih yang telah di celupkan ke minyak tadi ke ujung api ( ± 2 cm an dari ujung api ) hingga ujung gagang sirih tadi seperti mendidih .

5. setelah ujung gagang sirih tadi terlihat mendidih tempelkan ke luka di telakap kaki . . .  ( panas memang panas . . . )

6. ulangi langkah tadi 3 x . . .

 

memang kelihatan sadis cara pengobatan ini , tapi setelah disumbu bekas luka di telapak kaki tadi insyaAllah keesokan harinya kaki tidak kaku  dan tidak akan bengkak apalagi infeksi . . . .

 

semoga berguna ,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

4 responses to “khasiat lain gagang sirih. . . . resep kuno . . .

Tinggalkan Balasan

