anda punya luka luar, mending jangan makan yang ini dulu dah. . . .

bissmillahirohmanirohim,

 

warung semaput, harap maklum ya akhir -akhir ini penjaga warung lagi banyak urusan mulai dari lahiran anak kedua ( alhamdulillah lancar ) hingga blusukan ke hutan sumatera yang secara praktis warung jadi gak keurus.

share yang kecil aja ya, ada kalanya dalam kasus tertentu kita mempunyai luka terbuka , entah karena kena senjata tajam,nginjek beling di kali,sunat  atau melahirkan bagi yang perempuan. mestinya kita pengen dong luka kita cepat kering dan sembuh , kalau kita nanya ke dokter makanan apa sih dok yang gak boleh kita makan? biasanya dokter pasti akan njawab makan apa aja boleh kok . . . . ya mungkin untuk nyenengin pasien terpaksa tidak ada pantangan.

RIS-SUNATAN MASSAL (2)

ane ada pengalaman kecil neh. . . sewaktu ane sunat dulu waktu kecil mantri sunat ( dokter belun masuk desa waktu itu . . . ) juga tidak ngasih tau pantangan makanan apa yang gak boleh dimakan, ya akhirnya ane makan seperti biasa , ada ikan di makan, ayam dimakan,telor dimakan sama sekali gak ada pantangan . . .  hasilnya luka bekas sunat yang mestinya kering maksimal seminggu ane hampir sebulan penuh baru kering . . .  ketika eyang nengokin di minggu ketiga baru ngasih tau kalau mau cepet sembuh jangan makanan ini le. . . .

berikut makanan yang harus kita pantang kalau punya luka terbuka :

sayur nangka, daging,telor,ayam, ikan ( mulai ikan teri sampe ikan paus ) ,ikan air tawar.

itu dulu ye yang bisa ane share . . . semoga bermanfaat.

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

17 responses to “anda punya luka luar, mending jangan makan yang ini dulu dah. . . .

  1. tidak boleh melangkahi tai ayam katanya

  2. temenku kecelakaan nendang gapura di tikungan, kaki kiri tepatnya paha patah tulang….. di rawat, sampai rawat jalan di rumah ( pemulihan ), lah makan sayur nangka,, dan membusuk alias nggak kering2, #horror

  3. wah, tambah momongan tho kang? talames dulu deh

  4. waktu istri abis operasi caesar..tak tanya pak dokter yg mbedah. “pak apakah ada pantangan makanan?” “jarene pak dokter “gak ada pak.makan aja semua”
    serius

    • nah bener kan? rata-rata dokter pasti tidak memberi tahu pantangan , ane sendiri juga ngalami . . .

      gak selamanya yang tradisional itu ketinggalan jaman, manfaat lebih penting

      keep brotherhood,

      salam,

  5. Nalarnya gini mas:
    Luka=rusak -> butuh perbaikan.
    Zat gizi yg berfungsi utk perbaikan dan pembangun tubuh adalah protein.
    Jd biar cpet sembuh, banyak makan makanan yg mengandung protein.
    Protein ada dlm daging, telur, ikan, kacang2an.
    Biar lbih cepet lagi, tambahi dgn vitamin sbg katalis.

  6. Nalarnya gini mas:
    Luka=rusak -> butuh perbaikan.
    Zat gizi yg berfungsi utk perbaikan dan pembangun tubuh adalah protein.
    Jd biar cpet sembuh, banyak makan makanan yg mengandung protein.
    Protein ada dlm daging, telur, ikan, kacang2an.
    Biar lbih cepet lagi, tambahi dgn vitamin sbg katalis.

    Kecuali yg alergi lho ya…

    • ya. . . beda orang beda cara berpikir,

      silahkan di coba sendiri ketika mas punya luka terbuka dan makanlah ikan laut/air tawar daging telur . . . gak ada yang melarang kok , toh yang merasakan manfaatnya masing-masing

      keep brotherhood,

      salam,

  7. nyimak ndan

  8. bukannya mengkonsumsi telur dan daging ayam itu mempercepat proses penyembuhan luka?

  9. Yudha eko cahyono

    ikan gabus katanya bs ngering kan luka ..

  10. Itu referensinya dari mana gan ? Justru penyembuhan luka itu banyak makan makanan yanng mengandung protein. Misalnya ikan (gabus), telur, daging. Kalo misalnya ada luka terbuka tapi tidak kering bisa jadi karena faktor infeksi mungkin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s