CDI megap-megap . . . coba cek soketnya

bissmillahirohmanirohim,

 

6 tahun sudah si gambot menemani ane wara wiri nyari nafkah dan odometer sudah mentok 99.999 km sekitar dua bulan lalu dan seminggu ini gejala aneh mendera ketika mesin idle normal namun ketika gak di tarik mbrebet langsung mati ,
sigambot &denok

kecurigaan ane tertuju pada karbu yang memang sudah lama belum di servis dan busi , setelah selesai di bersihkan dan coba di tes gejala masih sama langsam mau idup pas ditarik mbrebet langsung mati, ane pun coba test businya masih nyala apa gak, kedua busipun dilepas dan di test hasilnya busi kiri normal dan busi kanan mati kemudian ane tuker untuk mengetahui apakah businya apa koilnya yang semaput, busi kiri ane tes pake koil kanan dan gak ada apinya .

IMG00541-20111111-1714
dan busi kanan pake koil kiri dan hasilnya api keluar , penelusuran pun ane lanjutkan ke koil , koil kanan ane coba pake kabel yang kiri dan hasilnya api keluar di businya . . . . nah ane pun berpikir waduh CDI sigambot semaput neh. . .

ane pun langsung pesen via fb di salah satu rekan ane di cimanggis dan dalam 2 hari barangpun sampe ( maklum bekasi gak ada di peta . . .:mrgreen: ) setelah sampe anepun langsung pasang CDI baru pulsar200 ug3 tersebut dan ane cobain dan hasilnya langsam normal dan ketika gas ditarik mbrebet trus mati. . . . .  alamak apanya lagi ini. . . .? karena ane udah puyeng anepun bawa ke bengkel langganan  ane deket rumah .

cdi si gambotsoket yang kanan semprot contact cleaner dan lidah tembaganya di renggangin

sampai di bengkel anepun sampaikan keluhannya dan kecurigaan pun tertuju di soket CDI dan kabelnya , akhirnya kabel pun diurut satu persatu untuk mengetahui apakah ada yang putus apa gak? hasilnya kabel masih bagus  , anepun berujar “apa soketnya kotor ya mas? shg koneksinya gak sempurna ”  akhirnya soket CDI nya di semprot pake contact cleaner dan lidah tembaganya di congkel satu persatu make obeng minus , stelah bersih dan lidah tembaganya keliatan bakal kuat megang konektor yang ada di CDI akhirnya di pasanglah ke CDI yang baru ane beli .

IMG01315-20120529-0642
hasilnya jreng . . . . mesin nyala normal dan ketika di gas gak mbrebet . . . alhamdulillah. . . . akhirnya sigambot normal lagi, karena ane penasaran sama CDI yang lama ( ori dari pabriknya ) ane pun coba pasang lagi dan test nyalain mesin hasilnya jreng normal . . . weit cuma gara-gara soket kotor doang selama ini. . . . ya akhirnya yang ane pasang tetep CDI baru dan yang lama buat cadangan . . . ya pengalaman lah kalau motor bermasalah jangan buru-buru beli spare partnya tapi cek dulu akar permasalahanya

 

 

semoga berguna ,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

17 responses to “CDI megap-megap . . . coba cek soketnya

  1. sepele yo mas..yah, ambil positifnya, jadi punya cadangan deh😉

  2. Mentok 99999 ga iso balik 0 lagi…??😯

  3. Sama pak. Saya dl di Win.. dah klaim mau ganti cdi/koil eh ternyata cuman kabel kontak yg kurang bagus sambungannya.

  4. hampir mirip kejadian sama pulsar sy. Motor langsung mati setelah pemanasan. gak bisa di starter lagi. Orang lain bilang ini aki nya harus ganti. Setelah cek di beres. ternyata konektor di sikring bermasalah.

Tinggalkan Balasan

