solusi temperatur vantrend yang sering overheat

bissmillahirohmanirohim,

 

pertama-tama ane ikut berbela sungkawa terhadap korban longsor di banjarnegara dan airasia yang hingga kini belum ada kejelasan apakah jatuh,dibajak teroris atau sebab yang lainya semoga Allah melindungi semua korban dan memberikan ketabahan kepada keluarga . . . . amin. . .

mazda vantrend memang terkenal dengan tingginya temperatur dan gak jarang overheat yang berakibat rontoknya mesin karena kepanasan, denok semenjak menjadi anggota keluarga ane meski belum pernah sampe mogok karena overheat namun temperatur di indikator kalau macet selalu lebih dari setengah bahkan pernah hampir mentok ketika terjebak macet pas mudik lebaran tahun 2014  yang lalu.

perbandinganukuran hampir setengah dari puly standar

secara teori memang gampang mengatasi gejala overheat pada semua mobil, “beresin aja sistem pendinginanya ” mulai dari radiator yang dibersihin ( di korok ),bersihkan jalur bypass air radiator , cek waterpump dan memastikan sirkulasi udara dari kipas pendingin ( untuk standar vantrend kipas masih ngikut putaran mesin ) hingga memasang extra fan(fan yang dari arah depan )  yang lebih besar

puly kecilputaran fan jadi 2x lebih kenceng

adapun pengalaman si denok adalah sbb:

1. radiator sudah dikorok dan memang banyak kotoran yang menyumbat kisi-kisi air .

2.extra fan ( fan dari arah depan ) sudah memakai ex mercy yang putaranya memang kuenceng.

namun ketika mudik kemarin temperatur masih sempet hampir menyentuh redline , setelah browsing ke vtcomm ( fb ) ada saran untuk memasang puly kecil agar putaran kipas jadi lebih kenceng meniup kisi-kisi radiator.
tempe ratur

minggu kemarin akhirnya dapet juga puly kecil dan dipasang di mesin denok, hasilnya memang langsung terasa, temperatur langsung turun drastis yang semula selalu diatas setengah menjadi kurang dari seperempat.

 

selamat mencoba,

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

8 responses to “solusi temperatur vantrend yang sering overheat

  1. Jos..kalo pake gir dan rantai susah modifnya ya om,xixixi..

  2. Mau tanya beli pulley waterpump nya dimana dan harga berapa? Apa kipasnya juga diganti ? Saya sdh lakukan semua yg dilakukan kecuali ganti pulley dan kipas yg bilahnya lbh banyak…. mohon infonya ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s