( DIY ) Kuras sendiri radiator motuba. . . . gampang kok

bissmillahirohmanirohim,

 

tempe raturnyess

motuba rata-rata masih menggunakan air sebagai cairan pendingin mesin , kemarin sepulang dari jalan-jalan ane sempetkan untuk kuras air radiator sendiri . . . ya itung-itung belajar dan biar makin ngerti dan gak dikit-dikit ke bengkel

bilal and denokditemani anak lanang. . .

urutan langkahnya adalah sbb:

1. pastikan mesin sudah dingin , buka kap mesin dan tutup radiator

2.masuk kolong dan buka baut drain radiator bagian bawah untuk mengeluarkan air radiator .

3.grojok air ( ane make air kran ) dari lobang pengisian radiator bagian atas dan biarkan air ngocor dari lobang drain

4. amati air yang ngocor dari lobang baut drain apakah sudah bening apa belum.

5. pasang baut drain dan isilah dengan air kemudian nyalakan mesin dan agak di geber agar sirkulasi air radiator kenceng , amati apakah air kembali keruh apa tidak, kalau keruh buka lagi baut drain dan kembali di grojok air .

6. kemarin denok ane ulang sampe 6 x hingga air di radiator nya bening .

7. dan terakhir ane kuras lagi dan ane ganti air mineral biar gak cepet keruh kayak air keran.

 

tutup radiatorsetelah yakin bening baru pasang tutup radiator

 

nb:

*ada yang menyarankan make air dari limbah AC karena lebih murni

*cara ini tanpa melepas hose bagian bawah karena ane males bongkar masangnya dan gak punya sealer

*coolant ane belum berani make karena sifatnya yang mengikis kerak

 

semoga berguna,

 

 

keep brotherhood,

 

 

salam,

 

 

 

3 responses to “( DIY ) Kuras sendiri radiator motuba. . . . gampang kok

  1. nggonku angele ngolonge kuwi

Tinggalkan Balasan

