jelang MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) wajar bila Indonesia jadi basis produksi otomotif

bissmillahirohmanirohim,

 

MEA ( masyarakat ekonomi Asean ) bahasa gampangnya pasar bebas untuk kawasan asean akan berlaku akhir 2015 , peluang sekaligus tantangan buat kita semua. produsen akan berlomba untuk mendekati negara yang mempunyai pangsa pasar terbesar, dan untuk ASEAN siapa lagi yang terbesar kalau bukan Indonesia.

mea

bagi produsen otomotif yang menjadikan Indonesia sebagai homebase adalah keputusan yang paling cerdas karena selain harga jual akan sangat kompetitif pasar lokal Indonesia juga sangat besar ( tahun 2014 tercatat 7 jt unit motor berhasil dijual di pasar Indonesia )  ,terbukti AHM menjadi pabrikan yang berhasil menjual unit motor terbanyak di dunia.

dan bagi yang masih hobi CBU untuk unit yang semestinya bisa di produksi di Indonesia jelas akan sulit bersaing dari sisi harga, inget komponen penyusun harga komoditas ada ongkos angkut ,pajak bea masu hingga margin .

095806_nmax

populasi 240 jt an penduduk negeri ini jelas tidak bisa dipandang remeh,dan inget setiap tahun ada golongan OKB yang daya belinya diluar perkiraan . . . . ya ini sebenernya pasar empuk buat roda 4 juga gak heran pasar roda 4 juga terus menggeliat. . . .

dari sisi konsumen jelas ini sebuah keuntungan bisa dapet produk dengan harga yang kompetitif disamping juga harus juga disertai peningkatan kualitas skill yang memadai agar bisa bersaing dengan tenaga kerja dari luar

 

semoga berguna,

 

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

Iklan

3 responses to “jelang MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) wajar bila Indonesia jadi basis produksi otomotif

  1. ya… indonesia memang jadi kompetitor china dan india perihal otomotif… tapi sayang pemerintah ngga bisa bikin persyaratan yang bagus yang menguntungkan bangsa indo. seperti india dan china yg akhirnya bisa bikin mobil karena produsen luar dipaksa jalin kerjasama dengan otomotif nasional

  2. Bagaimana jika dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia? bukankah kedua negara itu juga produk otomotifnya bagus?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s