Category Archives: turing

suzuki v storm 250 . . . . mendingan yang ini deh kalau mau di rilis

bissmillahirohmanirohim,

 

suzuki inazuma 250 cc sejak dari rilis hingga sekarang memang disambut positif oleh customer di tanah air ya meski secara angka penjualanya gak sebagus ninja 250/ yamaha r25. . . .  secara kualitas body dan mesin inazuma memang minim keluhan. . ..  loh kok malah melenceng dari judul. . . . ?

yang harus dipahami oleh atpm manapun kalau mau jualan di negeri ini kalau mau jualan motor batangan yang gak pake fairing ,mayoritas biker motor batangan tanpa fairing ini adalah biker antusias dan doyan turing , liat aja di jalan jangankan motor sekelas honda verza bebekpun turingnya sampe ke km.0 sumatera

suzuki china baru baru ini merilis suzuki v storm 250 cc dengan mesin sama plek inazuma namun genrenya murni adventure

suzuki-v-strom-250

siap turing gak usah modip-modipan. . .

suzuki-v-strom-250-01

kok ane ngerasa kalau yang dirilis di sini v storm 250 malah punya peluang yang lebih bagus ketimbang yang gsxr 250 yang secara diatas kertas speknya kalah telak melawan ninja dan r25

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

impresi 2 tahun make mesin stroke up + bore up . . . mantep rek. . .

bissmillahirohmanirohim,

 

bagi kaum urban yang tinggal di pinggiran  dan kerja di pusat kota jelas keberadaan motor sangat vital,disamping praktis dan ekonomis tidak semua lokasi perumahan sudah terjangkau oleh angkutan umum , sedikit pait kondisi ini tapi itulah realita .

IMG00541-20111111-1714
jadi ngelantur gak sesuai judul . . . .  hahahaha. . .  si gambot sejak pertengahan 2012 lalu memang mengalami beberapa update sbb:

1. kruk as di geser 3 mm

2.stang piston original scorpio

3.piston dan ring original scorpio os 50

4.liner ( silinder ) original scorpio

5. gigi 5 original p220

6.karbu original p220 ( sebulan doang dipasang karena terlalu liar tenaganya )

7.pengapian dan knalpot masih standar p220, rekomendasi om gading ganti freeflow

sigambot &denoksi gambot serigala tua yatim . . .  :mrgreen:

ya kalau di hitung-hitung volume silinder jadi  ± 240 cc konsekwensi upgrade semua itu antara lain tenaga yang lebih besar dari putaran bawah sampai atas sayang di atas 6000 rpm seperti di cekek ( mesti upgrade knalpot kalau mau sampe redline plong ), sebagai gambaran putaran mesin 3500 rpm gigi 5 dapet kecepatan 55 kmh an dan untuk jalan pelan gak ndut-ndutan . . . pas lah dengan karakter riding ane yang jarang ngebut

IMG01315-20120529-0642
ketika upgrade mesin odometer si gambot di angka 72.000 an dan sejak 3 bulan lalu  odometer udah mentok 99.999 km dan selama periode pemakaian tersebut sekali ganti kanvas kopling dan lagi-lagi menggunakan part original scorpio selebihnya tinggal isi bensin dan ganti olie

sempet juga terlintas di pikiran ane untuk ganti karena secara umur si gambot sudah berumur dan godaan model baru motor sekarang desainya keren-keren , tapi pas nyoba belum ada yang sreg , mungkin karena terbiasa tenaga bawah yang melimpah dari si gambot .

Yamaha-R3-02

yang ini baru bikin meriang. . . .

bisa dibilang jeroan si gambot sekarang sudah 50% adalah scorpio dengan tampilan luar standar pulsar . . .

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

Merasakan mudik bareng denok ( mazda vantrend 94 )

bissmillahirohmanirohim,

pertama-tama ane sekeluarga mengucapkan minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir bathin.

 

sedikit berbagi cerita mudik dan balik lebaran tahun ini ( 2014 ) mudik kali ini serasa berbeda buat ane dan keluarga, kalau tahun yang lalu-lalu kalau gak make si gambot ( sendiri / bareng istri ketika belum punya anak  )  ya naik bus / kereta kalau ngajak anak namun untuk tahun ini alhamdulillah bisa mudik bareng anak istri dan adik make si denok ( mazda vantrend ane ) .

mobil bilal

persiapan mudik seperti halnya make motor , cek mesin, radiator , AC dan ganti ban depan karena meski kembangan masih bagus namun dinding ban sudah retak-retak takut meletus di jalan ya ganti aja toh ban gak sekali pake habis pikirku.

sigambot &denok

hari kamis 24 juli 2014 setelah sholat isya di mesjid ane sekeluarga dan adik mulai jalan dari rumah ( tambun ) menuju Blora jawa tengah estimasi jarak kalau lewat pantura ( jalur normal ) sekitar 650 km, gak lupa isi bbm full tank 180.000 sudah penuh  , masuk tol cikampek sudah padat merayap hingga keluar toll , ndilalah keluar toll kami dialihkan ke arah purwakarta – sumedang – majalengka lanjut ke cirebon , alamat panjang nih perjalanan pikirku . . . . dengan sabar kami telusuri jalur alternatif tersebut dan pukul 12  an siang baru masuk cirebon .  . . .

konsol handbrake

keluar cirebon justru malah lancar ( mungkin karena tanggal 24 belum puncak arus mudik ) sekitar pukul 17:00 kami sudah sampe di SPBU MURI karena capek luar biasa kami pun mampir untuk sekedar relaksasi dan cuci muka serta beli cemilan buat dijalan .

sekitar pukul 20:00 an masuk pekalongan tiba-tiba AC mati dan gak lama kemudian hujan turun . . . alamak. . . . bakal ngembun neh kaca depan. . . . bener saja hujan makin gede dan anepun memutuskan untuk minggir nunggu hujan reda sambil makan malam, sekitar satu setengah jam hujan baru berhenti, dan ane putuskan untuk meneruskan perjalanan  sekitar pukul 22: 00 an kami masuk daerah alas roban dan hujan kembali turun , dan kami pun kembali minggir ke SPBU untuk nunggu hujan berhenti.

ef denoklumayan membantu menurunkan suhu mesin

sekitar pukul 24 :00 hujan agak reda dan kami kembali meneruskan perjalanan dengan sedikit membuka kaca untuk mengusir embun, cuaca setelah hujan sedikit membantu menyejukan kabin yang AC nya mati, keluar semarang ane penasaran dengan indikator bensin yang manteng di tengah-tengah , ini error apa gimana kok bensin gak turun-turun jarumnya akhirnya kami pun masuk SPBU untuk ngisi bensin ,coba isi 100.000  setelah selesai isi bensin indikator bensin naik ke Full , irit juga vantrend pikirku  mengingat jarak yang lumayan jauh dari tambun via sumedang sampe luar perbatasan semarang demak diisi 100.000 sudah full lagi tangkinya . . .

IMG-20140729-00191denok pekerja keras

setelah isi bensin perjalanan kami teruskan menyusuri jalanan rusak antara semarang ,demak , purwodadi yang memang terkenal tanahnya labil sehingga meski berulang kali di cor tetep aja patah-patah dan bergelombang jalanya menjelang shubuh kami sudah keluar dari kota purwodadi  karena gak tahan ngantuk ane pun minggir untuk tidur barang sejam / 2 jam .

IMG-20140729-00192

setelah tidur sekitar 2 jam ane pun putuskan untuk kembali melanjutkan perjalanan, kondisi jalanan purwodadi blora bener-bener makin ancur , kecepatan paling 10 atau 20 kmh atau bahkan merambat karena memang gak memungkinkan untuk di lalui dengan kenceng , memasuki perbatasan Blora – Purwodadi jalanan mulai agak lumayan , bisa lah kecepatan 30 – 40 kmh , kalau dibandingkan memasuki kabupaten Blora jalanannya lebih baik dari purwodadi  , entahlah kebijakan jalan mungkin berbeda antara 2 kabupaten yang bertetangga tersebut.

akhirnya menjelang pukul 10.00 an pagi ane nyampe juga di kampung tempat lahir ane dengan selamat dan kondisi si denok sbb:

1. bbm ngisi 180.000 dan 100.000  dan ketika sampe di kampung tinggal separo tangki ( berdasar indkator )

2. AC mati sejak pekalongan

3. bagasi full muatan sampe per belakang mentok

 

kesan ane mudik perdana bareng denok sbb:

1. bbm termasuk irit

2. tenaga lebih dari cukup

3. bagasi yang luas sangat membantu untuk perjalanan jauh ( di gelari kasur buat tidur anak istri )

4. top speed gak penting buat ane , toh buat apa ngebut-ngebut

 

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

 

new megapro dengan power 28, . . . . awsome. . . . .

bissmillahirohmanirohim,

 

gunung pun akan kudaki , lautan akan kuseberangi. . . barang kali pepatah itu benar adanya untuk om habib febriansyah,beliau yang asli kalimantan rela menyebrang laut untuk silaturohim ke workshop om Londo sekaligus modip new megapro kesayanganya . . .

memang workshop om gading tidak khsusu untuk merk A saja beliau memandang semua motor itu bagus kalau itungan dan settinganya benar  maka ndak heran berbagai motor dari banyak merk dengan power yang diluar nalar lahir dari tangan beliau dan teamnya

banner om londo

seperti biasa prosedure awal new megapro di dyno awal untuk mendapat data awal dan menentukan akan seperti apa target dan budget nya , ( inget modip has no limit, budget limited yes. . . ) setelah sepakat maka baru dikerjakan.

dyno 1

berikut data lengkap modipannya :

pemilik; habib febriansyah

alamat;sengata kal-tim

-bore 68 (kawasaki boss)

-stroke 62.9 (stroke up 2,5mm, total 5mm)

-kapasitas 228,3cc

-rasio kompresi 10:1 -klep

34-29 -per klep jepang

-kem custom by londo 270 drj lift 8mm

-cdi rextor LE

-knalpot Abbiz

-karbu kawasaki bajaj 200NS pj 20,mj 120

-bahan bakar premium

 

sepertinya karbu pulsar 200 ns memang jadi buruan para speed freak. . .

whatt. . . . pulsar 200 dengan power 30 hp. . . .

bissmillahirohmanirohim,

 

lama gak terdengar modipan pulsar terutama yang edisi 200 cc ( limited edition neh. . . .) nun jauh dilereng merapi ternyata empu londo sedang mengerjakan pulsar 200 milik mas Lukman  dari jawa timur , beruntung sekali karena pulsar mas lukman ini menjadi pemecah rekor pulsar dengan power terbesar 30,5 hp di rpm 8500 an ( ajib tenan. . . kayak standar aja peak nya ) .

pulsar mas lukman 30 hp . . .kembaran si gambot, cuma beda jauh powernya . . . . :v

kita ulas satu – satu ya :

piston 72kruk as memakai punya pulsar 220 dengan piston lhk 72 mm

klep in - outklep in 35 mm, out 30 mm

dyno pulsar 30 hpmerinding ane mbaca hasil dyno nya . . .

spek lengkapnya neh. . . .

spesifikasi bajaj pulsar 200. (30.hp);

-pemilik M. Luqmanul khakim yusuf

-alamat; ds pandangan. kec pandangan jatim

-bajaj pulsar 200 th 2008 plat nomor S 3723 CK

-bore 72 ( piston LHK non forget)

-stroke 62.5 (krug as P220)

-kapasitas mesin 254cc

-cylinder blok p220

-cyl head p200 (modif valve 35-30)

-per klep std p220

-kem custom by londo durasi 270 drj

-karbu P 200NS (pj 20 mj 120)

-cdi std

-coil std

-Rasio kompresi 10,1 : 1

-volume ruang bakar 29.1cc

-p0wer 30.5 Hp @ 8500rpm -torque 27,4 N @ 6800rpm

 

tiger monster 31,5 hp , SOHC yang menembus batas

bissmillahirohmanirohim,

Terus terang aku cuma bisa garuk-garuk kepala mendapat notifikasi dari om londo yang bermarkas di lereng merapi ini, gimana tidak belum juga hilang dari ingatan ane gimana hasil modifikasi satria den bagus dari 150 cc menjadi 196 cc dengan output power 30 an hp, yang pernah ane tulis dulu  disini kemudian satria monster 240 cc dengan power 35 hp an dan pernah juga ane muat di sini juga, semuanya adalah master piece empu untuk DOHC yang memang karakter dari sananya sudah buas dan galak di putaran atas.

hasil dyno awal sebelum di modif

Adalah sebuah Tiger revo punya om Anto yang sepertinya sudah pernah di oprek juga kalau dilihat dari hasil dyno awal yang punya power di kisaran 20 hp , om anto pengen power tigernya lebih ganas lagi sehingga lebih enak buat turing ke rute-rute yang ekstreem tanjakanya namun harus mantap juga untuk cruising atau overtake sumber kencono  ( bus maut neh. . . ) .

karbu standar tiger

Tidak seperti mesin satria FU yang udah DOHC 4 valve dan memang udah punya karakter ganas dari sononya , kita tahu mesin tiger adalah jenis SOHC 2 valve yang biasanya memble kalau harus dipaksa untuk diajak main di putaran rpm diatas 10.000 , hal ini menjadi kerumitan tersendiri mengingat power yang sudah ada juga sudah besar untuk ukurannya ( tiger standar sehat 16 hp sementara tiger mas anto ini sudah 20 hp ) .

Riset pun dimulai semua part pendukung kenaikan power di ukur ulang dan di teliti apakah masih ada potensi power lebih besar lagi . . . . .  opsi bore up dan riset ulang cam pun menjadi pilihan gak lupa piranti pengapian dan porting polish saluran in ex pun dipilih gak lupa knalpot standar pun harus pensiun di gantikan knalpot freeflow .

setelah selesai riset dan pengerjaan tinggal dyno untuk  jetting ( maklum karbu ) di atas mesin dyno  dan diluar dugaan power yang di hasilkan mesin tiger mas anto menyamai rekor satria den bagus yang 30 hp bahkan bonus 1,5 hp . . . .

maaf gambar kurang jelas , ane dapetnya udah begitu . . .

mesin 4 tak SOHC dengan karbu standar bisa menembus angka psikologis 30 hp . . . . sebuah masterpiece dari mas londo lagi . . . .

last ada kata-kata om londo yang sangant menarik yang selalu terngiang di kepala ane  ” jangan pernah underestimate pada motor apapun, mesin apapun kalau di riset dengan benar hasilnya bisa diluar dugaan ”  .

berikut spek komplit Tiger monster om anto :

bore x stroke = 70 x 62,2 (stroke std)
kapasitas = 239 cc
rasio kompresi= 11,8 : 1
coil = YZ 85
CDI = Rextor prodrag (Timing tertinggi 28 derajat di 5000rpm)
Knalpot = Custom
Karbu =setandar (box filter udara masih difungsikan)
ban depan = BT 110/70-17
ban blk = BT 130/70-17
Valve = 33-28
spring valve= STD
spesifikasi camshaft;
EX ; lift 8,96mm
open 1mm ; 53drj
close 1mm; 28 drj
lift overlap; 3mm
IN ; Lift 9,32mm
open 1mm; 25 drj
close 1mm; 52mm
lift overlap; 3,4mm

semoga berguna ,

keep brotherhood,

salam,

kompresi tinggi minum premium. . . ? gak seneng tapi itulah fakta dilapangan

bissmillahirohmanirohim,

 

mesam-mesem juga ane ngikuti berita turing si Inazuma 250 yang di bandrol 46 jt ini, secara fisik motor ini memang gagah dan punya tenaga yang cukup untuk turing blusukan ke daerah-daerah pelosok .

motor turing itu haram hukumnya kalo harus manja

motor turing memang sudah seharusnya di set bisa minum bahan bakar dengan oktan terendah sekalipun, dan keberanian SIS mempersilahkan para penguji mengisi premium ke tangki si inazuma 250 yang konon memiliki kompresi 11,5:1 ini patut di acungi jempol , yang artinya mesin si inazuma juga bersahabat juga dengan bengsin eceran .

kompresi segitu memang seharusnya minumnya minimal pertamax ( ron 92 ) tapi harus diingat gak semua pomp bensin menjual bahan bakar tsb , apalagi di daerah pelosok, dapet bensin ron 88 aja udah untung kalau pas turing . . .

IMHO  ya . . .

 

 

keep brotherhood,

 

salam,