Ranjau Hukum dalam dunia maya #2

bissmillahirohmanirohim,

poin pertama ranjau hukum yang kemarin di ulas oleh mas Ari Juliano adalah sbb:

1. Mencemarkan nama baik/ menghina pihak lain.

poin pertama ini memang punya peluang paling besar dalam dunia maya ,ketika  seseorang punya unek-unek terhadap kejadian yang menimpanya baik karena kekecewaan terhadap mantan pacar , guru,ortu atau  pihak lain yang sifatnya kelembagaan layanan publik seperti sekolah,rumah sakit  bahkan lembaga negara seperti kementrian,DPR hingga presiden sekalipun tidak luput dari sasaran kekecewaan kita.

dunia maya itu tanpa batas , sehingga ketika kita mengetikan  “curhatan” melalui keyboard ya  tanpa tedeng aling-aling dan sudah pasti pihak yang mengecewakan kita akan kita sebut apa adanya , beda kalau kita ngobrol sama temen ketika membahas sesuatu pasti akan terjadi minimal adu argumen karena memang pengalaman orang itu beda-beda mengenai hal yang sama . yang harus di cermati ketika kita menulis di media apapun hendaknya berdasar fakta dan disertai bukti -bukti otentik  dan tidak usah melebar ke hal yang tidak ada kaitannya dengan hal yang membuat kita kecewa.

contoh gampang :

kata mas ari juliano  neh ” pda awalnya kasus prita itu hanya rekam medik bunda prita yang tidak diberikan oleh RS OMNI kemudian bunda prita curhat ke milis dan akhir paragraf curhatnya bunda prita itu menyebut dokter “A” dan RS OMNI tidak profesional  , itu yang menjadi biang keributan yang berakibat banjir koin di RS OMNI .

yang harus di garis bawahi  ketika curhat kita tetep fokus ke masalah yang kita hadapi saja ndak usah bawa-bawa pihak lain  titik .

misal

“komstirku oblagh neh . . . gimana penyelesainya ?  kita ndak usah bawa-bawa nama diler dan pabriknya , cukup tanyain penyelesainya saja dan perbaikan kualitas kedepan tentunya “

itu baru ranjau pertama , ranjau berikutnya episode berikutnya aja . . . .:mrgreen:

inget sangsinya aja

Pasal 27 ayat (3)

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

 

Pasal 45 ayat (1)

Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

nb:

foto nyolong dari warung mas giri . . .:mrgreen:

semoga berguna ,

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

 

 

 

9 responses to “Ranjau Hukum dalam dunia maya #2

  1. Ada tryatmono ada triyantogel wakakakakakak

  2. Wah ternyata aku paling pendek😀

  3. aku kedua dari kanan, sebelah mas giri

  4. aku paling ndut. . .:mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s