mulai suka dengan mesin diesel . . .

bissmillahirohmanirohim,

 

awal -awal make panther memang ane sangat tidak nyaman dengan berisiknya mesin dan getaran ( maklum petrolhead dulunya . . . .) biasa kabin senyap dan akselerasi spontan namun setelah akrab dengan panther dan tahu kelebihan -kelebihan nya sekarang malah berbalik suka dengan diesel engine untuk operasional harian dan jarak jauh.

 

34645756_2_644x461_isuzu-panther-turbo-2007-upload-foto

ya sebenernya ane sederhana saja , dari kabin jelas lebih lega daripada avex/denok/agya dari FC mesin diesel juga lebih irit belum lagi  dari sisi harga bbm lebih murah , mayan lah 5650 vs 7050 , ya memang gak heran kalau lihat karakter engine diesel yang punya torsi besar di rpm rendah aja udah mudah ditebak FC nya dan umur pakenya . . . .

coba bayangkan panther yang ane pake pertama kali odometernya udah 310.000 an dan sekarang setelah 3 bulan pemakaian udan menyentuh 330.000 an dan itu belum pernah turun mesin dari baru , ya meski jadi kayak pisau bermata 2 , memang bagus apa ngitung hari nunggu turun mesin. . . . . . hahahahaha. . .

images

muat banyak. . . . berisik nomor sekian. . .

yang jelas mesin diesel perawatanya juga sangat gampang, ganti oli mesin rutin dan filter-filternya serta jangan sampai air cadangan radiator habis ya . . . . nyaris sama ama mesin karbu jadoel nya si denok . . .

analogi gampang aja dah tentang kelebihan mesin diesel, nyaris semua alat berat,kereta  dan kendaraan berat hampir pasti pake mesin diesel. . . . tanya kenapa . . . .?

kalau untuk family car ya memang lebih enak mesin bensin. . . .

selamat berkarya dan semoga bermanfaat,

 

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

 

gimana kalau denok jadi kayak gini. . . ?

bissmillahirohmanirohim,

 

nyari -nyari ide mau diapain si denok biar fresh . . .

1_mazda_vantrend_94

gagah juga

atau ini sotoshop olahan jovan

jovan

jadi meriang kalau liat -liat vantrend dimodif kayak gini. . . .

siap-siap dompet . . .

 

 

keep brotherhood,

 

salam,

merasakan mudik bareng panther turbo th 2007

bissmillahirohmanirohim,

 

tanggal 24 desember 2015 kemarin karena ada keperluan mendesak ane putuskan untuk mudik bareng keluarga ( 3 dewasa dan 2 balita ) kali ini memang ane sengaja bawa panther sekalian pengen tahu gimana rasanya kalau dibawa jalan jauh.

start dari bekasi jam 10 pagi masuk ke gerbang toll cibitung jam 12 an , gile banget macetnya  . . . . masuk toll kemacetan tambah parah merambat hingga gerbang toll cipali jam 14: 45 sepanjang jalan toll banyak mobil tua dan muda yang kepanasan dan minggir untuk mendinginkan mesin , temperatur selalu ane pantau . . . . jarum temperatur memang stabil di tengah , sampai di rest area pertama di toll cipali ane istirahat makan dan sekalian cek mesin untuk memastikan tidak terjadi masalah.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

dan benar saja kecurigaanku tabung reservoir cadangan air radiator kosong padahal sebelum berangkat sudah kuisi penuh dengan air limbah AC , akhirnya isi sampe batas max , jam 15:30 an lanjot lagi ke arah cirebon dan alhamdulillah lancar sampe menjelang pintu keluar palimanan ngantri bayar toll hingga 5 km an. . . .

kaki dah berasa gede sebelah ( maklum mobil manual ) karena sudah terjebak di kanan ane gak bisa keluar toll untuk masuk jalur dalam kota cirebon, akhirnya pasrah dah masuk toll terus arah pejagan yang mahal dan paling gak enak sambungan betonya . . . . lhadalah lancar sebentar doang trus merambat tiada akhir hingga ane minggir 3 x untuk tidur barang 30 menit hingga jam 4:30 an ane baru keluar pejagan . . .. mudik terparah selama ini. . . .

keluar toll lanjut ke jalan pantura yang lumayan lancar lah meski di beberapa titik ada perbaikan jalan hingga jam 14 an masuk semarang dan ane putuskan istirahat makan dan ngademin mesin dan kembali cek reservoir radiator apakah perlu ditambah atau tidak dan alhamdulillah masih dalam kondisi aman tidak berkurang

selepas semarang hingga kampung halaman relatif lancar dan alhamdulillah jelang maghrib ane sampe rumah dengan selamat dengan kondisi capek luar biasa , 640 km ditempuh 2 hari semalam. . . .

review pemakaian :

BBM solar ngisi 2 x  , 200.000 ketika masih di bekasi dan 150.000 ketika di brebes harga 6700 perliter lumayan irit lah untuk kondisi macet luar biasa

suspensi nyaman meski kalau kenceng agak ngeri limbungnya

itu aja dulu ya

 

semoga berguna ,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

 

panther turbo . . . alternatif motuba yang patut dipertimbangkan

bissmillahirohmanirohim,

kendaraan bagi yang baru merintis usaha macem ane  ini atau bagi pelaku usaha yang sudah mapan sudah pasti memerlukan kendaraan dengan kabin luas, irit minim perawatan dan harus bisa juga dipake untuk jalan-jalan bareng keluarga

bilal and denok

mesin bensin ataupun diesel masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, mesin diesel memang terkenal dengan suara berisik dan getaran, namun punya tenaga dan torsi yang besar , start dari gigi 3 pun hayo aja . . . . kalau jalan datar .

denok dagang

luasnya bagasi menjadi pertimbangan tersendiri bagi ane yang seminggu sekali mesti angkut-angkut belanjaan dari pasar , ya kalau berisiknya mesin bisa diakali kalau ada uang dengan memasang peredam tambahan biar kabin lebih senyap. . . . . .

untuk pemakaian bahan bakar memang mesin diesel lebih efisien , dengan cc 2500 turbo masih dapet lah 1:14 an masih lumayan lah untuk mesin bikinan tahun 2007. . .

untuk suspensi memang panther terkenal empuk dan nyaman,jok dengan busa tebal ac juga dingin  sehingga buat mudik juga insyaallah nyaman

pic denok semua. . . . . :mrgreen:  denok nunggu celengan penuh mau ubah bentuk

selamat berkarya

keep brotherhood,

salam,

menyoal gerbong khusus wanita ( Kenapa harus gerbong paling depan dan belakang ? )

bissmillahirohmanirohim,

KRL Commuterline adalah moda transportasi massal yang menjadi andalan bagi mereka yang punya mobilitas tinggi  di area jabotabek , tiket murah, pake AC dan bebas macet .

10-korban-tabrakan-krl-juanda-masih-dirawat-IjT4Lw8PVv

tragedi di sundulnya KRL commuterline  di stasiun Juanda kemarin semestinya menjadi momentum untuk melakukan evaluasi menyeluruh , mulai dari isu assisten masinis yang konon katanya yang mengambil alih kerja masinis hingga korban yang jatuh bergelimpangan yang mayoritas adalah perempuan , yang harus diingat adalah gerbong pertama dan terakhir adalah gerbong prioritas untuk wanita  , sehingga praktis korban selain masinis adalah perempuan.

petugas-mengecek-gerbong-yang-rusak-akibat-tabrakan-kereta-rel-_150923184631-406

ketika masih kuliah dulu ( tahun 2003/2004 ) sempet ane mengoordinir teman-teman di kampus terutama yang naik kereta , yang arah bogor ataupun bekasi  ( jaman itu belum ada commuterline ) terutama yang  perempuan supaya jangan naik gerbong paling depan / paling belakang untuk antisipasi terjadinya crash yang secara otomatis korban pertama adalah penumpang yang ada di gerbong pertama / terakhir,  waktu itu sekitar 15 orang temen kuliah setuju dan mengikuti saran tersebut.

ketika commuterline dioperasikan yang membuat ane heran kenapa justru gerbong  pertama dan terakhir justru di jadikan gerbong prioritas untuk kaum wanita, bukankah selayaknya kaum wanita itu harus dilindungi. . . . . . ?

semoga berguna,

keep brotherhood,

salam,

kurma basah. . . . sangat berkhasiat untuk DB,Tifus dan segala permasalahan lambung. . .

bissmillahirohmanirohim,

seminggu lalu  karena mobilitas yang tinggi ane sempet drop, 4 hari demam tinggi badan lemes mulut pahit dan sakit sekali ketika menelan ( air dan makanan ) sehingga berimbas kondisi badan makin drop dan sempet cek darah beberapa kali untuk memastikan apakah gejala demam berdarah atau tidak , tes pertama leukosit diatas batas normal ( kata dokter ini penyebab radang dan persendian terasa ngilu ) trombosit di angka 150 rb an ( batas paling bawah untuk kondisi normal ) dokter pun menyarankan supaya makan dan minum yang banyak.

kurma

ketika pulang dari dokter otomatis beli makanan dan minuman agar mempercepat proses penyembuhan , segala macam buah hingga martabak pun dibeli ( maruk :mrgreen:  ) namun apa daya ketika mau makan gak bisa nelan . . . .  jangankan makanan nelen ludah aja sakitnya minta ampun , minum vitamin sama bubur ayam doang akhirnya . . . .

hari kedua kontrol dan cek darah  hasilnya masih sama leukosit masih tinggi dan trombosit malah turun. . . . . . gawat neh kalau terus terusan susah nelan makanan . . . . pikirku  , tambahan obat dan nasehat dari dokterpun bertubi-tubi  kudengarkan . . . . badan lemes ,mata berkunang-kunang  sambil nyetir mobil bareng istri yang cemas dan 2 balita benar-benar suasana yang sangat mencekam sepanjang 2 km perjalanan pulang dari dokter .

setiba dirumah kupaksakan makan bubur ayam dan minum obat dari dokter meski mulut pait luar biasa dan tenggorokan sakit sekali untuk menelan, malam itu benar-benar kupaksa minum tiap 15 menit hingga jam 12 malam 2 liter habis , bolak-balik ke wc untuk buang air kecil akhirnya perut lapar juga , buka-buka kulkas 1 pak kurma basah sisa ramadhan kemarin menarik perhatianku dan kubuka , cobain 1 dulu dah sakit apa nggak di tenggorokan . . . . minum aja sakit apalagi nelen kurma ini pikirku. . . .

gejala-demam-berdarah1

ane sempat mimisan selama 2 hari juga ( hari ke 4 dan 5 )

anehnya ketika nelen kurma basah tadi tenggorokan sama sekali gak sakit , karena laper juga lumayan banyak kurma yang kumakan ,minum air putih lagi trus tidur .  . . . keesokan harinya karena masih lemes ane pun gak bisa masuk kantor dan full seharian istirahat , makan tidur seharian ngemil kurma basah . . . . malemnya giliran cek ke dokter sudah agak mendingan , tes darah lagi hasilnya leukosit udah normal trombosit naik 10 rebuan . . . . alhamdulillah dah naik tinggal pemulihanya. . . .

keesokan harinya karena sudah agak mendingan ane putuskan untuk ngantor dan bawa bekel kurma basah tadi . . . . dan alhamdulillah hari ke 6 dari hari pertama demam ane sudah fit dan normal seperti sedia kala.

entah sugesti atau apalah , yang jelas ketika tenggorokan ane sakit dan  gak bisa makan minum ketika makan kurma malah tidak sakit dan rasanya juga enak hasilnya trombosit juga naik drastis dalam 2 hari ( habis kurma basah 1,5 kg an  )

semoga berguna ,

keep brotherhood,

salam,

urut . . . . . sebuah fenomena pengobatan non medis yang dahsyat. . . .

bissmillahirohmanirohim,

urut . . . . . sebuah tehnik pengobatan yang bagi masyarakat kita memang sudah tidak asing lagi, mulai dari urut untuk masuk angin, keseleo ,patah tulang hingga urut untuk kesuburan . . . . . hahahahaha. . . . ane juga bingung bisa sampai ke masalah kesuburan hingga mak erot. . . . :mrgreen:

urut

bagi yang suka bola pasti sering dong liat pemain yang cedera ketika main di lapangan entah jatuh di takling sama lawan atau salah posisi jatuh sehingga menyebabkan disposisi sendi atau patahnya tulang . . . .  kalau diluar negeri solusinya pasti operasi  yang dari segi biaya dan waktu recovery nya pasti lebih lama dibanding dengan diurut.

untuk sehari-hari misalnya masuk angin , gak enak badan biasanya kalau diurut malah lebih cepet , malem urut paginya langsung enakan

ya memang badan manusia itu diciptakan punya kemampuan untuk self recovery namun untuk mempercepat harus dirangsang di titik-titik tertentu harus diberi rangsangan dengan cara di tekan/diurut.

untuk masuk angin atau penyakit yang ringan  yang harus diurut adalah bagian-bagian tubuh persendian seperti ketiak,punggung betis ,dan sendi lutut bagian belakang ,serta jangan lupa untuk mengurut bagian tengkuk untuk mempelancar peredaran darah ke otak , jangan lupa pakai minyak urut agar lebih nyaman bagi pasienya

semoga berguna ,

keep brotherhood,

salam,