Category Archives: pulsar220

impresi 2 tahun make mesin stroke up + bore up . . . mantep rek. . .

bissmillahirohmanirohim,

 

bagi kaum urban yang tinggal di pinggiran  dan kerja di pusat kota jelas keberadaan motor sangat vital,disamping praktis dan ekonomis tidak semua lokasi perumahan sudah terjangkau oleh angkutan umum , sedikit pait kondisi ini tapi itulah realita .

IMG00541-20111111-1714
jadi ngelantur gak sesuai judul . . . .  hahahaha. . .  si gambot sejak pertengahan 2012 lalu memang mengalami beberapa update sbb:

1. kruk as di geser 3 mm

2.stang piston original scorpio

3.piston dan ring original scorpio os 50

4.liner ( silinder ) original scorpio

5. gigi 5 original p220

6.karbu original p220 ( sebulan doang dipasang karena terlalu liar tenaganya )

7.pengapian dan knalpot masih standar p220, rekomendasi om gading ganti freeflow

sigambot &denoksi gambot serigala tua yatim . . .  :mrgreen:

ya kalau di hitung-hitung volume silinder jadi  ± 240 cc konsekwensi upgrade semua itu antara lain tenaga yang lebih besar dari putaran bawah sampai atas sayang di atas 6000 rpm seperti di cekek ( mesti upgrade knalpot kalau mau sampe redline plong ), sebagai gambaran putaran mesin 3500 rpm gigi 5 dapet kecepatan 55 kmh an dan untuk jalan pelan gak ndut-ndutan . . . pas lah dengan karakter riding ane yang jarang ngebut

IMG01315-20120529-0642
ketika upgrade mesin odometer si gambot di angka 72.000 an dan sejak 3 bulan lalu  odometer udah mentok 99.999 km dan selama periode pemakaian tersebut sekali ganti kanvas kopling dan lagi-lagi menggunakan part original scorpio selebihnya tinggal isi bensin dan ganti olie

sempet juga terlintas di pikiran ane untuk ganti karena secara umur si gambot sudah berumur dan godaan model baru motor sekarang desainya keren-keren , tapi pas nyoba belum ada yang sreg , mungkin karena terbiasa tenaga bawah yang melimpah dari si gambot .

Yamaha-R3-02

yang ini baru bikin meriang. . . .

bisa dibilang jeroan si gambot sekarang sudah 50% adalah scorpio dengan tampilan luar standar pulsar . . .

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

Iklan

CDI megap-megap . . . coba cek soketnya

bissmillahirohmanirohim,

 

6 tahun sudah si gambot menemani ane wara wiri nyari nafkah dan odometer sudah mentok 99.999 km sekitar dua bulan lalu dan seminggu ini gejala aneh mendera ketika mesin idle normal namun ketika gak di tarik mbrebet langsung mati ,
sigambot &denok

kecurigaan ane tertuju pada karbu yang memang sudah lama belum di servis dan busi , setelah selesai di bersihkan dan coba di tes gejala masih sama langsam mau idup pas ditarik mbrebet langsung mati, ane pun coba test businya masih nyala apa gak, kedua busipun dilepas dan di test hasilnya busi kiri normal dan busi kanan mati kemudian ane tuker untuk mengetahui apakah businya apa koilnya yang semaput, busi kiri ane tes pake koil kanan dan gak ada apinya .

IMG00541-20111111-1714
dan busi kanan pake koil kiri dan hasilnya api keluar , penelusuran pun ane lanjutkan ke koil , koil kanan ane coba pake kabel yang kiri dan hasilnya api keluar di businya . . . . nah ane pun berpikir waduh CDI sigambot semaput neh. . .

ane pun langsung pesen via fb di salah satu rekan ane di cimanggis dan dalam 2 hari barangpun sampe ( maklum bekasi gak ada di peta . . . :mrgreen: ) setelah sampe anepun langsung pasang CDI baru pulsar200 ug3 tersebut dan ane cobain dan hasilnya langsam normal dan ketika gas ditarik mbrebet trus mati. . . . .  alamak apanya lagi ini. . . .? karena ane udah puyeng anepun bawa ke bengkel langganan  ane deket rumah .

cdi si gambotsoket yang kanan semprot contact cleaner dan lidah tembaganya di renggangin

sampai di bengkel anepun sampaikan keluhannya dan kecurigaan pun tertuju di soket CDI dan kabelnya , akhirnya kabel pun diurut satu persatu untuk mengetahui apakah ada yang putus apa gak? hasilnya kabel masih bagus  , anepun berujar “apa soketnya kotor ya mas? shg koneksinya gak sempurna ”  akhirnya soket CDI nya di semprot pake contact cleaner dan lidah tembaganya di congkel satu persatu make obeng minus , stelah bersih dan lidah tembaganya keliatan bakal kuat megang konektor yang ada di CDI akhirnya di pasanglah ke CDI yang baru ane beli .

IMG01315-20120529-0642
hasilnya jreng . . . . mesin nyala normal dan ketika di gas gak mbrebet . . . alhamdulillah. . . . akhirnya sigambot normal lagi, karena ane penasaran sama CDI yang lama ( ori dari pabriknya ) ane pun coba pasang lagi dan test nyalain mesin hasilnya jreng normal . . . weit cuma gara-gara soket kotor doang selama ini. . . . ya akhirnya yang ane pasang tetep CDI baru dan yang lama buat cadangan . . . ya pengalaman lah kalau motor bermasalah jangan buru-buru beli spare partnya tapi cek dulu akar permasalahanya

 

 

semoga berguna ,

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

fitur turunan gen pulsar sebelumnya . . . . nyilem. . .

bissmillahirohmanirohim,

pulsar 220 banjirkayak gini ane juga pernah tapi gak ada yang moto. . . . 😦

banjir datang lagi, gak sedikit motor dan mobil mogok kemasukan air, si gambot udah 5.5 tahun dan beberapa kali nerobos air setinggi ban dan memang gak pernah mogok  dan rupanya fitur itu diturunkan ke adiknya pulsar 200 ns

pulsar200ns_banjir3fitur turunan kakaknya . . ..

 

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

setahun make mesin bore up + stroke up . . . . mantep rek. . . . .

bissmillahirohmanirohim,

 

bulan september lalu genap sudah si gambot make mesin bore up + stroke up ( bore menjadi 70,5 mm dan stroke naik 3 mm dari standar ) . . .

kesan ane setelah sekian tahun make mesin gede ( katanya 240 an cc ) adalah nyaman dan sesuai dengan style riding ane yang males make putaran atas .

IMG00541-20111111-1714colector item neh. . . . dah gak dijual dipasaran ( menghibur diri )

memang dulu sebelum make mesin baru ini ane sering mendengan isu bahwa mesin bore up apalagi stroke up sering rewel dan suka jajan ane memang penasaran dan pengen mencobanya meski mesin standar masih tetep ane simpen untuk antisipasi kalau bener isu tersebut bener. . .

IMG01315-20120529-0642daleman gak ada yang nyangka 240 cc

memang mesin ane adalah limbah dari om gading yang bosen dan pengen balik standar dan kata om gading mesin itu sudah bolak balik dipake jakarta surabaya dan nyante aja gak ada keluhan , dan alhamdulillah setahun ini ( km hampir 20.000 sejak ganti mesin ) ane pake gak pernah masalah mungkin karena bikinan dukun yang benar jadi dapet barang bagus. . . . :mrgreen:

logo master stationtempat praktek om gading , master station

kalau untuk riding dalam kota si gambot nyaris gak pernah diatas 5.000 rpm . . . lha wong rpm 3.000 gigi 5 udah dapet 55km/h . . . . nyusss. . . .

 

suwun om gading, kalau ada rejeki boleh dah Port and polish .

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,

master station. . . . ketika dedengkot pulsar bikin bengkel sendiri. . .

bissmillahirohmanirohim,

 

warung lama vakum. . . . harap maklum sibuk blusukan hutan nyari nafkah. . .

logo master station

sabtu tanggal 5 september 2013 kemarin ane sempetkan ke bengkel barunya om gading ( ex manager service JAR Samanhudi ) , lokasi bengkel di pasar mobil kemayoran pintu 8 ( akses  dari jalan industri ) atau dari Mega Glodok kemayoran trus masuk terowongan posisi bengkel ada di sebelah kiri pintu masuk persis di pojokan .

Master Station di gawangi langsung oleh om Gading dan om David ( dave ) yang keduanya punya specialisasinya masing masing-masing om gading ahli oprek mesin ( spek harian hingga bore-up + stroke up buat yang doyan ngebut ) sementara om david jago setting karbu, termasuk mekaniknya adalah ex bengkel resmi JAR Samanhudi.

semua seri pulsar bisa di service disini termasuk pulsar 200 ns , untuk ketersediaan part pulsar dijamin ada, sampe piranti pendongkrak performa pun ada mulai pilot jet, main jet hingga octan booster bahan bakar pun ada , atau mau nyobain keganasan mesin hasil PnP pun ada .

harga jasa service dibawah harga bengkel resmi pastinya , kemarin ane serpis besar kena 175.000 bongkar total blok plus nyabut baut yang patah dan di kasih bonus octane booster .

kesan ane setelah si gambot di oprek ya lebih enak, meski ane diomeli gara-gara setia make premium . . . . :mrgreen:  piss om gading . . . .

semoga berguna,

 

 

 

keep brotherhood,

salam,

 

 

strategi BAL di pasar Indonesia memang bikin customernya was – was . . .

bissmillahirohmanirohim,

 

sayup-sayup isu beredar bahwa BAL bekerja sama dengan Kawasaki untuk memasarkan varian pulsar 200 ns , bagi yang punya akses ke dunia maya tentu saja ini bukanlah hal baru mengingat kasus yang sama telah terjadi di filipina, dan memang kawasaki adalah gurunya Bajaj dalam mengembangkan motor.

di filipina memang produk bajaj dipasarkan oleh semua dealer kawasaki dan namanya pun di modifikasi yakni kawasaki rouser , namun bagi yang jarang mengikutinya jelas akan was-was , memang penyakit indent spare part di jabotabek tidak terjadi lagi , tap memang penjualan per bulan masih jauh dari target yang dibebankan oleh BAL kepada BAI sebanyak 3000 unit per bulan. dan angka 3000 unit per bulan lah yang dijadikan syarat BAL mau membangun pabrik di Indonesia .

si gagah 3 busi , pake emblem kawasaki makin joss

untuk menggenjot penjualan jelas memerlukan senjata ampuh yang mampu bersaing dengan pabrikan jepang , dan P200 NS memiliki kriteria kemauan para biker di sini, tapi alih-alih segera mengeluarkan P200 NS , BAL malah membuat kesepakatan dengan kawasaki untuk pemasarannya yang pada akhirnya menghembuskan isu liar bahwa BAI akan tutup dan kekhawatiran pun menjangkiti para customer loyal bajaj ( ane termasuk . . . :mrgreen:  ) .

si gambot masih perlu spare part neh  . . . .

last . . .  ane cuma bisa berharap deal BAL dan kawasaki membawa efek yang baik dan mempermudah distribusi spare part mengingat dealer kawasaki sudah cukup banyak juga di sini. . .

semoga berguna,

 

 

keep brotherhood,

 

salam,

 

 

 

 

 

power chamber . . . membuat karbu vakum serasa karbu non vakum

bissmillahirohmanirohim,

 

kreatifitas modifikasi memang tiada henti , baik sektor bodi atapun sektor engine . kali ini ada modifikasi ringan bagi rekan-rekan penyuka motor dengan karbu vakum terutama pulsar .

kata para suhu di forum pulsar , kelemahan utama karbu vakum pulsar adalah ketika kita berakselerasi dan oper gigi ada “lag power” ( halah angel temen istilahe ) gampangane ketika lagi nari trus oper gigi ada power yang kosong , dan memang inilah kelemahan karbu vakum yang diakibatkan telatnya suplai campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar .

 

untuk mengatasinya ada salah seorang tokoh forum pulsar yang meriset hal tersebut dan terciptalah ” power chamber ” yang fungsinya memberikan suply campuran bahan bakar cadangan ketika thortle di turunkan untuk oper gigi.

berikut penampakannya:

sepertinya bisa diaplikasikan ke smua motor yang karbunya vakum.

 

semoga berguna,

 

keep brotherhood,

 

salam,