tips ringan untuk pulsar ( semua motor juga bisa )

bissmillahirohmanirohim,

kali ini ane akan berbagi tips dari temen ane yang calon sarjana elektronika di salah satu kampus di Jogja .

berhubung ane kurang paham mengenai motor ane cuma mlongo ketika doi menjelaskan panjang lebar mengenai pengaruh interferensi gelombang elektromagnetik terhadap arus , dan untuk mengatasinya grounding tambahan sangat diperlukan untuk menetralisir agar arusnya lancar .

kaitannya dengan motor , kita semua tahu kan bahwa pemicu terbakarnya bensin di ruang bakar adalah busi yang memanfaatkan arus listrik yang diperoleh dari aki/mesin kemudian ke cdi kemudian diteruskan ke koil hingga ke busi . disinilah masalahnya, rata-rata kabel busi standar lapisan isolatornya masih memungkinkan interferensi ( angel ngomonge tenan iki mbliss. . . ) untuk mengatasi itu semua bungkuslah dengan lilitan kabel tembaga di area kabel busi tersebut ,

liat gambar aja dah biar gampang .

kabel antena tivi yang gak kepake

kemudian solasi pake isolasi elektrik biar aman

kanan kiri pasang semua biar maknyus

kemudian ujung kawat dibaut jadi satu sama baut koil

kayak gini neh. . .

pasang kembali tangki dan silahkan di rasakan bedanya

si gambot sahabat setia ane yang jarang ngeluh

testimoni ane setelah masang kabel antena bekas tsb pada si gambot  adalah sbb:

1. nyala api busi memang jadi lebih besar ( subjektif )

2. putaran bawah enak dibanding sebelum pasang ( mayan kabel bekas kagak beli )

3. putaran atas ane kagak tahu ( paling ane 6000 rpm yang kepake ) maklum bukan speed freak

4. untuk si gambot yang udah 58.000 km belum pernah servis besar dengan penambahan kabel ini lumayan mendongkrak performa meski mungkin cuma nol koma sekian persen

nb:

si gambot minumnya premium murni . . .  maklum wong cilik :mrgreen:

 

semoga berguna ,

 

keep brotherhood,

 

salam,

46 responses to “tips ringan untuk pulsar ( semua motor juga bisa )

  1. eggy kurnia yogaswara

    oia bro kan ujung kawat yang satunya d tempelin bareng sama baut koilny..nah ujung kawat yang satunya nempel kemana?

  2. aku udah pake buat xcd125, percikan api jadi lbh besar loh…

  3. Sip jozsss nambah ilmu lg tentang pengapian motor “

  4. eggy kurnia yogaswara

    brader yang d atas ku..bisa jawab pertanyaan ane gk?ujung yang satunya nempel kmn?

  5. hmmm… sama dengan ini yach..

    Aplikasi Ground Strap pada Koil Pengapian

    sama2 barang bekas :mrgreen: tapi maknyuuusss…
    blog itu juga blognya suhu tukang setrum.. 😀

  6. buat vixion bisa gak om?

  7. buat yang galau… baca ini…

    Galau.. Mau beli Motor Laki?? Tahan Dulu…!!!

    mampir om salam kenal

  8. wakakakaka…aslii ngakaak aq baca para comentnyaaa…,tuk TSnya yang punya Blog. Nice infoooo…kalo ada lagi boleeh daach di share….

  9. Thank infornya yg sangat berguna…

  10. untuk matic bisa gk nie?????????????

    • bisa om, mobil pun bisa kalau mau telaten masangnya .

      fungsi lilitan kawat tembaga adalah mengurangi interferensi dari luar shg arus di kabel koil lebih stabil

      keep brotherhood,

      salam,

  11. gan, businya kan adadua tuh, apa di gituin dua 2 nya, salam,..

  12. maaf, setau saya yang dipake buat ground strap itu adalah kabel anyaman yang mengelilingi kabel emailnya…jadi bukan kawat email yang di tengahnya
    Alternatif memakai kabel antena karena mudah mendapatkannya

    contoh gambar:

  13. mas bro makasih ilmunya dah coba …..jos tenan …..pengaruh sama bahan bakar ngak masbro?

  14. masbro kabel yg astu lagi kan cuma di lilit dn gk di hubun gin kemana* kan lalu di lilit bagian luar kabel hitam koil itu lalu di bungkus sama isolasi???

  15. masbro tapi gua liat di google gambar kok kayak ada mau di hubungin…
    “tempelin ke ground rangka”
    maksudnya apa tuh mas? maklum masih copo masalah ginian

  16. Klo cara neh gw dah pake..klo gw ujung’y ditambahin 9power 1 bj…mantaf men..

  17. sy mw tanya nhe, lw ujung satux d’sambung dmna,,,,maklum baru belajar

  18. saya belum mengerti cara pasangnya,…..
    kabel yg satunya kan disambung dibodi motor trus yg ujung satunya disambng d’dmn,,,,,
    mohon balasannya…………

  19. mas bro untuk pulsar 135 bisa ga di pakein ginian juga?
    Thanks

  20. satu lagi mas bro,ujung yg satunya di sambung di mana bro??

  21. Ping-balik: Impresi Penggunaan Ground Strap di MegaShroud | Nanared's Blog

  22. Ujung satunya kan dipasang di koil… nah, ujung yang satu lagi (deket busi) dipasang dimana…??

  23. Berlaku jg buat agan2 yg pke hp tuchscreen klo pas dicharge layar suka loncat2,nahh..bs jg tu pke trik ini ujung lilitan dipararel ke(-)carger..

  24. D krm aja bro fto nya gmna yg ujung lilitan dkat busi?

Tinggalkan komentar