bissmillahirohmanirohim,
kali ini ane akan berbagi tips dari temen ane yang calon sarjana elektronika di salah satu kampus di Jogja .
berhubung ane kurang paham mengenai motor ane cuma mlongo ketika doi menjelaskan panjang lebar mengenai pengaruh interferensi gelombang elektromagnetik terhadap arus , dan untuk mengatasinya grounding tambahan sangat diperlukan untuk menetralisir agar arusnya lancar .
kaitannya dengan motor , kita semua tahu kan bahwa pemicu terbakarnya bensin di ruang bakar adalah busi yang memanfaatkan arus listrik yang diperoleh dari aki/mesin kemudian ke cdi kemudian diteruskan ke koil hingga ke busi . disinilah masalahnya, rata-rata kabel busi standar lapisan isolatornya masih memungkinkan interferensi ( angel ngomonge tenan iki mbliss. . . ) untuk mengatasi itu semua bungkuslah dengan lilitan kabel tembaga di area kabel busi tersebut ,
liat gambar aja dah biar gampang .
kabel antena tivi yang gak kepake
kemudian solasi pake isolasi elektrik biar aman
kanan kiri pasang semua biar maknyus
kemudian ujung kawat dibaut jadi satu sama baut koil
kayak gini neh. . .
pasang kembali tangki dan silahkan di rasakan bedanya
si gambot sahabat setia ane yang jarang ngeluh
testimoni ane setelah masang kabel antena bekas tsb pada si gambot adalah sbb:
1. nyala api busi memang jadi lebih besar ( subjektif )
2. putaran bawah enak dibanding sebelum pasang ( mayan kabel bekas kagak beli )
3. putaran atas ane kagak tahu ( paling ane 6000 rpm yang kepake ) maklum bukan speed freak
4. untuk si gambot yang udah 58.000 km belum pernah servis besar dengan penambahan kabel ini lumayan mendongkrak performa meski mungkin cuma nol koma sekian persen
nb:
si gambot minumnya premium murni . . . maklum wong cilik
semoga berguna ,
keep brotherhood,
salam,
9power generik 😀
yoi kidemang. . . . .
keep brotherhood,
salam,
oia bro kan ujung kawat yang satunya d tempelin bareng sama baut koilny..nah ujung kawat yang satunya nempel kemana?
nyontek
ilmu dari njomblisss
aku udah pake buat xcd125, percikan api jadi lbh besar loh…
Sip jozsss nambah ilmu lg tentang pengapian motor “
brader yang d atas ku..bisa jawab pertanyaan ane gk?ujung yang satunya nempel kmn?
ujung kawat satunya di solasi aja masbro,
keep brotherhood,
salam,
hmmm… sama dengan ini yach..
sama2 barang bekas tapi maknyuuusss…
blog itu juga blognya suhu tukang setrum.. 😀
buat vixion bisa gak om?
jangan om, ntar komstirnya oblak…
#kwabbbooooooorrrrr
#KAMPLENGISINGAN
bisa om. . . .
murmer tenan
keep brotherhood,
salam,
buat yang galau… baca ini…
mampir om salam kenal
wakakakaka…aslii ngakaak aq baca para comentnyaaa…,tuk TSnya yang punya Blog. Nice infoooo…kalo ada lagi boleeh daach di share….
nyante aja masbro. . . .
hidup udah susah masak ngeblog dibikin susah yato. . . ?
keep brotherhood,
salam,
Thank infornya yg sangat berguna…
wkwkwkwkwkkw, lawas kii,,wkwkw
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/20/honda-tralis-nongol-siapa-yang-akan-di-suntik-mati
baruy sadar,
http://pertamax7.wordpress.com/2011/07/16/pasang-groundstrap-ke-koil-honda-tiger-di-yamaha-byson/
ada juragane. . . .
mantep tipsnya
keep brotherhood,
salam,
untuk matic bisa gk nie?????????????
bisa om, mobil pun bisa kalau mau telaten masangnya .
fungsi lilitan kawat tembaga adalah mengurangi interferensi dari luar shg arus di kabel koil lebih stabil
keep brotherhood,
salam,
gan, businya kan adadua tuh, apa di gituin dua 2 nya, salam,..
yoi masbro,
meski yang kanan cuma idup sampai 6.000 rpm doang .
keep brotherhood,
salam,
maaf, setau saya yang dipake buat ground strap itu adalah kabel anyaman yang mengelilingi kabel emailnya…jadi bukan kawat email yang di tengahnya
Alternatif memakai kabel antena karena mudah mendapatkannya
contoh gambar:
namanya juga murmer masbro. . . manfaatin sampah yang ada . . .
keep brotherhood,
salam,
mas bro makasih ilmunya dah coba …..jos tenan …..pengaruh sama bahan bakar ngak masbro?
kalau feeling ane si lebih irit , karena nyala api makin besar dan pembakaran jadi lebih sempurna
keep brotherhood,
salam,
masbro kabel yg astu lagi kan cuma di lilit dn gk di hubun gin kemana* kan lalu di lilit bagian luar kabel hitam koil itu lalu di bungkus sama isolasi???
iya bro, kabel satu di baut ama baut koil ujung satunya bungkus solasi aja
keep brotherhood,
salam,
masbro tapi gua liat di google gambar kok kayak ada mau di hubungin…
“tempelin ke ground rangka”
maksudnya apa tuh mas? maklum masih copo masalah ginian
sebenernya cukup salah satu ujungnya aja bro yang dibaut ke bodi besi motor , kalau kedua ujungnya di baut ke rangka ya lebih bagus
keep brotherhood,
salam,
Klo cara neh gw dah pake..klo gw ujung’y ditambahin 9power 1 bj…mantaf men..
mantep juga kalau gitu, tapi butuh modal buat beli 9power. . .
keep brotherhood,
salam,
sy mw tanya nhe, lw ujung satux d’sambung dmna,,,,maklum baru belajar
yang dibaut ke body salah satu ujungnya saja masbro, ujung lainya ( yang deket kepala busi di solasi elektrik aja
keep brotherhood,
salam,
saya belum mengerti cara pasangnya,…..
kabel yg satunya kan disambung dibodi motor trus yg ujung satunya disambng d’dmn,,,,,
mohon balasannya…………
mas bro untuk pulsar 135 bisa ga di pakein ginian juga?
Thanks
bisa masbro, murah meriah bikin aja sesuai di gambar
keep brotherhood,
salam,
satu lagi mas bro,ujung yg satunya di sambung di mana bro??
Ping-balik: Impresi Penggunaan Ground Strap di MegaShroud | Nanared's Blog
Ujung satunya kan dipasang di koil… nah, ujung yang satu lagi (deket busi) dipasang dimana…??
ujung yang deket busi tutup solasi aja om, cukup satu aja yang di grounding di bodi ( baut coil )
keep brotherhood,
salam,
Berlaku jg buat agan2 yg pke hp tuchscreen klo pas dicharge layar suka loncat2,nahh..bs jg tu pke trik ini ujung lilitan dipararel ke(-)carger..
D krm aja bro fto nya gmna yg ujung lilitan dkat busi?